JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Teknologi Pembuatan Urea Molases Multinutrient Block (UMMB)

Pendampingan Program Upaya Khusus (UPSUS) Sapi  Indukan Wajib Bunting (SIWAB) di Kalimantan Barat sudah dimulai sejak  Tahun 2017. Adapun salah satu upaya yang dilakukan dalam capaian target dalam Upsus Siwab adalah peningkatan angka Kebuntingan Induk Sapi dan Kelahiran pedet melalui kawin buatan atau biasa disebut Inseminasi  Buatan (IB).

Kenyataannya, Tahun 2017 lalu angka kebuntingan dan kelahiran masih dibawah target. Salah satu penyebabnya adalah ternak Sapi terutama Indukan sebagian besar diduga kekurangan mineral terutama unsur mikro. Untuk memenuhi kekurangan mineral tersebut, diupayakan pemberian mineral tambahan yang bernama Urea Molases Multinutrient Block (UMMB).

UMMB ini juga merupakan pakan tambahan (suplemen) untuk ternak Sapi. Bahan suplemen ini didapatkan dan dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi bahan yang keras dan kompak. UMMB  ini berbentuk padat dan keras, maka untuk mengkonsumsinya ternak akan menjilati UMMB tersebut, sehingga ternak memperoleh zat-zat makanan sedikit demi sedikit namun secara kontinu. UMMB ini juga biasa disebut permennya ternak sapi.

Manfaat UMMB bagi Ternak

  1. Untuk meningkatkan daya cerna dan konsumsi bahan kering, bahan Organik dan protein kasar pada pakan berkualitas rendah.
  2. Memberi hasil stimulasi terhadap konsumsi pakan basis jerami tanpa suplemen konsentra dan meningkatkan konsumsi jerami 25-30 %.
  3. Meningkatkan kecernaan zat-zat makanan.
  4. Adanya pemenuhan unsur mineral mikro dan makro sehingga dapat mendukung penampilan  reproduksi, pertumbuhan anak dalam kandungan, produksi air susu lebih banyak, pertumbuhan anak setelah lahir (pedet) bagus, waktu birahi setelah melahirkan dapat diperpendek.
  5. Peningkatan berat lahir pedet yang induknya diberikan UMMB dan pertambahan berat badan harian.
  6. Pemberian UMMB pada sapi pejantan, berpengaruh baik terhadap semen yang dihasilkan, yaitu mampu meningkatkan jumlah atau volume semen.