JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Pemurnian Pepaya Pontianak Khas Kalimantan Barat

Pepaya Pontianak (asal pepaya hawai) merupakan salah satu komoditas yang banyak dikembangkan di Kalimantan Barat. Tanaman ini memberikan kontribusi dalam mengangkat citra Kalimantan Barat dan dijadikan salah satu komoditas unggulan. Pepaya Pontianak merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, buah merupakan sumber vitamin, mineral dan juga karbohidrat. Pepaya pontianak pada tahun 2009 ke bawah sentra produksinya di Pontianak, Pada saat ini pepaya ini nyaris punah di Pontianak karena cekaman lingkungan seperti kekeringan, kebanjiran, serangan hama penyakit dan alih pungsi lahan.
Pepaya merupakan tanaman buah berupa herba dari famili Caricaceae yg berasal dari Amerika Tengah & Hindia Barat bahkan kawasan sekitar Mexsiko & Coasta Rica. Tanaman pepaya banyak ditanam orang, baik di daeah tropis maupun sub tropis, di daerah-daerah basah & kering atau di daerah-daerah dataran & pegunungan (sampai 1000 m dpl).
Untuk daerah kita yang memiliki type luapan pasang surut, teknologi yang digunakan dengan cara membuat guludan terlebih dahulu atau sistem surjan, setelah terbentuk , baru dikondisikan tanahnya dengan pemberian kapur,pupuk kandang, pupuk dasar, pada lobang tanam yang sudah ditentukan.


  • Tinggi guludan ukurannya adalah pasang maksimum air ditambah 30 cm di atas permukaaan air, sedangkan lebarnya antara 2-4 meter, atau tergantung jumlah baris pepaya madu yang mau ditanam.

  • Kapur yang harus diberikan tiap lobang tanam tergantung kadar asam tanahnya antara 500 -1000 gram, sedangkan pemberian pupuk kandang sekitar 15 - 20 kg, sedangkan pupuk dasarnya(kimia) urea, 230 gram, superfosfat, 153 gram dan Kcl 675 gram/batang. Pupuk kimia diberikan setiap enam bulan.Pemberian pupuk seperti diatas bisa mencapai kadar gula (brix) antara14-18. Tetapi jika kurang dari itu antara 12-14

  • Jarak tanam yang digunakan bisa menggunakan ukuran 3 x 3 m, atau tergantung kontur lahan, jarak waktu pemberian kapur seminggu sebelum tanam, pemberian pupuk kandang dan pupuk dasar bisa dilakukan saat tanam

  • Hasil pepaya pontianak yang bisa dicapai tergantung kesuburan lahannya di daerah pasang surut dengan dengan kondisi lahan yang sesui. Untuk jenis pepeya pontianak yang sudah seragam dan stabil hasil dari pemurnian antara 200-300 gram/butir. Atau 50-100 buah /batang

  • Cara melakukan pemurnian pepaya pontianak itu sendiri yakni dengan melakukan penyungkupan bunga hermaprodit sebelum mekar pada tanaman induk papaya pontianak, supaya terhindar dari penyilangan. Buah hasil penyungkupan itu yang dijadikan benih berikutnya dengan cara menyeleksi buah hasil sungkupan yang seragam atau yang dinginkan.