JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Informasi Publik

DAFTAR SURAT KEPUTUSAN YANG TELAH DIKELUARKAN TAHUN 2021

No No. SK Tanggal Surat Keputusan Perihal
1 18/Kpts/KP.230/H.12.15/01/2021 28-Jan-21 Pemberhentian Penanggung Jawab Kebun Percobaan dan Penunjukan Penanggung Jawab Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) BPTP Kalimantan Barat
2 18/Kpts/KU.220/H.12.15/01/2021 04-Jan-21 Pemberian Honorarium Pembantu Pelaksana  Kegiatan , Tenaga Harian Lepas Satuan Pengamanan Kantor( Satpam) Dan Petugas Kebersihan Kantor
3 20/Kpts/KU.220/H.12.15/01/2021 04-Jan-21 Pemberian Honorarium Pelaksana Kegiatan Tenaga Ahrian Lepas Pekerja Kebun Dan Pemberdayaan IP2TP Sei Kakap, Selakau Dan Monterado
4 14 /Kpts/KU.220/H.12.15/01/2021 04-Jan-21 Pemberian Honorarium Penanggung Jawab Pengelola Keuangan Pada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat Tahun Anggaran 2021
5 19/Kpts/KU.220/H.12.15/01/2021 04-Jan-21 Penunjukan  Pemangku Jabatan Pada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat
6 08/Kpts/KU.220/H.12.15/01/2021 04-Jan-21 Pemberian Honorarium Pejabat  Unit Pelayanan Pengadaan Dan Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan Pengadaan Barang Dan Jasa Pada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat Tahun Anggaran 2021
7 13/Kpts/KU.220/H.12.15/01/2021 04-Jan-21 Penunjukkan Pengadministrasi Kegiatan (Pum) Pada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat Tahun Anggaran 2021
8 11/Kpts/KU.220/H.12.15/01/2021 04-Jan-21 Penunjukan Penanggung Jawab Pool Kendaraan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat
9 10/Kpts/KU.220/H.12.15/01/2021 04-Jan-21 Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan  Barang/Jasa Pada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat
10 09/Kpts/KU.220/H.12.15/01/2021 04-Jan-21 Penunjukan Panitia Penerima Hasil Pekerjaan  Barang/Jasa Pada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat
11 07/Kpts/KU.220/H.12.15/01/2021 04-Jan-21 Penunjukan Pejabat Unit Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa Pada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat
12 04/Kpts/KU.220/H.12.15/01/2021 04-Jan-21 Prosedur Kerja Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat
13 05/Kpts/KU.220/H.12.15/01/2021 04-Jan-21 Penunjukan  Penanggung Jawab Kegiatan Pada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat
14 01/Kpts/KU.220/H.12.15/01/2021 04-Jan-21 Rencana Operasional Pelaksanaan Anggaran Kegiatan (Ropak) Pada Pengguna Anggaran Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat
15 24/Kpts/KU.220/H.12.15/03/2021 22-Mar-21 Penunjukan Panitia Pelaksana Kegiatan Panen VUB Padi Khusus
16 26/Kpts/KU.220/H.12.15/03/2021 16-Apr-21 Penunjukan Panitia Pelaksana Kegiatan Bimtek Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Balitbangtan di Kalimantan Barat

 

DAFTAR SURAT KEPUTUSAN YANG AKAN DIKELUARKAN TAHUN 2021

No No. Surat Keputusan Tanggal  Surat Keputusan Perihal
1 .../Kpts/KU.220/H.12.15/07/2021  Juli 2021 Pemberhentian Penanggung Jawab Kebun Percobaan dan Penunjukan Penanggung Jawab Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Selakau BPTP Kalimantan Barat
2 .../Kpts/KU.220/H.12.15/../2021 belum ditentukan Pemberhentian Penanggung Jawab Kebun Percobaan dan Penunjukan Penanggung Jawab Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Monterado BPTP Kalimantan Barat
3 ../Kpts/KU.220/H.12.15/../2021 belum ditentukan Pemberhentian Penanggung Jawab Kebun Percobaan dan Penunjukan Penanggung Jawab Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Sungai Kakap BPTP Kalimantan Barat

Tatacara permohonan informasi publik di BPTP Kalimantan Barat dapat dilakukan dengan cara:

  1. Datang langsung (on visit) kemudian mengisi blanko yang disediakan serta menyerahkan persyaratan yang dibutuhkan ke petugas layanan BPTP Kalbar
  2. Secara mandiri (self service) dengan cara mendaftar secara online di portal PPID BPTP Kalimantan Barat (https://bptpkalbar.ppid.pertanian.go.id/) kemudian mengikuti langkah-langkah sesuai petunjuk di portal tersebut.

Tatacara permohonan informasi publik secara mandiri dapat diliat pada video di link berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=gOxNkPhprGY

secara umum, berikut merupakan bagan permohonan informasi publik di BPTP Kalbar

Dengan mengakses Situs Web BPTP Kalimantan Barat, yang beralamat URL https://www.kalbar.litbang.pertanian.go.id,  ini maka Anda dianggap telah mengerti dan menyetujui seluruh syarat dan kondisi yang berlaku dalam penggunaan situs web ini, sebagaimana tercantum di bawah ini:

  1. Situs Web ini ditujukan semata-mata untuk keperluan penyebaran informasi serta membantu pengguna. Tidak ada satu bagian pun dalam halaman situs web ini yang ditujukan untuk mendukung promosi atau merekomendasikan kegiatan dari institusi/individu lain di luar BPTP Kalimantan Barat dan atau Badan Litbang Pertanian serta Kementerian Pertanian.
  2. BPTP Kalimantan Barat menampilkan data, informasi, serta data statistik untuk memberikan informasi tentang hasil inovasi teknologi pertanian secara umum.
  3. Informasi yang diperoleh atau di-download akan dipergunakan oleh yang bersangkutan/pengguna  secara bertanggung jawab. Pengutipan data dan informasi diijinkan dengan kewajiban menyebutkan sumbernya secara lengkap.
  4. Untuk dokumen dan perangkat lunak yang tersedia dari situs web ini, BPTP Kalimantan Barat tidak menjamin atau bertanggung jawab atas aspek hukum (legal), keakuratan, kelengkapan atau kegunaan dari data dan informasi yang disampaikan.
  5. Materi dalam Situs Web ini dipelihara dan di-update oleh Tim Website BPTP Kalimantan Barat. Untuk itu, Tim Website BPTP Kalimantan Barat memiliki hak penuh untuk menambah, mengubah dan mengurangi materi situs web sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan.
  6. Beberapa halaman dalam Situs Web ini menyediakan link ke situs-situs internet lainnya untuk kenyamanan dan kemudahan pengguna  memperoleh informasi dari institusi lain yang terkait dengan BPTP Kalimantan Barat dalam hal pelaksanaan tugasnya.BPTP Kalimantan Barat tidak bertanggung jawab atas materi situs web institusi lain di luar BPTP Kalimantan Barat yang di-link. Demikian juga, jika situs web institusi/individu lain menyediakan link keBPTP Kalimantan Barat, tidak dapat diartikan BPTP Kalimantan Barat secara resmi mendukung (endorse) kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh institusi/individu tersebut.
  7. Beberapa materi yang disampaikan dalam situs web dalam format file berekstensi PDF, yang hanya dapat diakses dengan menggunakan perangkat lunak Acrobat Reader. Perangkat Lunak ini dapat di-download ke komputer pengguna melalui alamat https://www.adobe.com/products/acrobat/readstep.html.
  8. Analisis dan pendapat yang terkandung dalam makalah, artikel atau tulisan lainnya yang ditampilkan dalam situs web BPTP Kalimantan Barat tidak selalu mencerminkan pendapat dan kebijakan BPTP Kalimantan Barat, Badan Litbang Pertanian dan atau Kemententerian Pertanian. Materi tersebut bisa saja hanya merupakan pendapat penulis yang bersangkutan.

Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Publik BPTP Kalimantan Barat

1. LAYANAN INFORMASI DAN KONSULTASI INOVASI PERTANIAN

  1. Pemohon datang langsung/melalui surat / melalui e-mail/ media sosial (FB/Twitter/Whatsapp)/website (kalbar.litbang.pertanian.go.id) kemudian mengajukan permohonan tertulis untuk mendapatkan pelayanan informasi/konsultasi;
  2. Petugas layanan (front office/admin medsos) menerima, mencatat dalam buku permohonan pelayanan dan menyampaikan permohonan kepada Kepala BPTP Kalbar atau yang mewakili.
  3. Kepala BPTP Kalimantan Barat atau yang mewakili mendisposisi permohonan tersebut kepada Kasi KSPP dan kepada pelaksana layanan
  4. Petugas layanan menyampaikan surat disposisi permintaan data dan memo kepada bagian yang ditunjuk/pelaksana layanan.
  5. Kasi KSPP memfasilitasi kegiatan pelayanan konsultasi inovasi teknologi pertanian sesuai permohonan berkoordinasi dengan pelaksana layanan.
  6. Pelaksana Layanan (peneliti/perekayasa/ penyuluh pertanian/teknisi litkayasa, pustakawan) melakukan pelayanan konsultasi inovasi teknologi pertanian sesuai permohonan.
  7. Apabila data/informasi belum tersedia/dimiliki, maka petugas layanan informasi memberikan keterangan bahwa informasi belum tersedia/dimiliki
  8. Untuk data/informasi yang dikecualikan, maka Kasi KSPP menerbitkan surat keputusan tentang penolakan permohonan.
  9. Apabila data/informasi tersedia, maka petugas layanan informasi memantau penyiapan data/informasi proses layanan sesuai dengan disposisi yang telah diajukan
  10. Petugas layanan menerima data/informasi yang telah dipersiapkan oleh bagian tertentu
  11. Pemohon data/informasi mengambil data/informasi yang telah disiapkan oleh petugas layanan informasi.
  12. Seluruh hasil informasi dan konsultasi disusun sebagai laporan kepada Kasi KSPP.

2. LAYANAN PENYEDIAAN BENIH UPBS

2.a. Prosedur Pelayanan Penyaluran Benih UPBS Untuk KOMERSIL

alur layanan 2a

  1. Pengguna/pelanggan dapat mengakses data stok benih melalui website BPTP Kalimantan Barat,  dan melakukan pemesanan dengan cara datang langsung, mengirimkan surat/email atau melalui telepon ke BPTP Kalimantan Barat;
  2. Surat/informasi tentang pemesanan benih disampaikan oleh petugas ke penanggung jawab kegiatan (Wakil Manager) kemudian diteruskan ke Manager Distribusi dan Pemasaran.
  3. Manager Distribusi dan Pemasaran melakukan pengecekan, dan berkoordinasi dengan Manager  Prosesing dan Penyimpanan untuk melakukan penyiapan benih. Selanjutnya, Manager Distribusi dan Pemasaran memberi informasi ke Manager Administrasi dan Keuangan;
  4. Manager Distribusi dan Pemasaran membuatkan tanda terima benih untuk pengguna/pelanggan. Tanda terima diberikan ke pengguna/pelanggan. Manager Distribusi dan Pemasaran menerima tanda terima kembali dan tanda terima benih diserahkan ke Manager Administrasi dan Keuangan. Selanjutnya Manager Distribusi dan Pemasaran dibantu petugas gudang menyerahkan benih ke pengguna/pelanggan;
  5. Tanda terima benih diarsipkan ke bagian administrasi dan keuangan, bagian distribusi dan pemasaran bagian dan bagian prosesing dan penyimpanan;
  6. Manager Administrasi dan Keuangan memberikan laporan penjualan kepada penanggung jawab kegiatan yang selanjutnya dilaporkan ke kepala BPTP Kalimantan Barat.

2.a. Prosedur Pelayanan Penyaluran Benih UPBS Untuk BANTUAN

3. LAYANAN LABORATORIUM PENGUJI TANAH

  1. Pemohon dapat mengajukan permohonan pelayanan dengan cara datang langsung, mengirimkan surat, email, pesan melalui website/media sosial atau melalui telepon ke BPTP Kalimantan Barat. Sedangkan contoh uji bisa diantar langsung maupun dikirim melalui jasa pengiriman ke BPTP Kalimantan Barat.
  2. Petugas layanan memberikan informasi dengan jelas tentang ruang lingkup, metode, biaya dan lamanya waktu pengujian kepada pelanggan. Petugas layanan selanjutnya menerima, mencatat dalam buku permohonan pelayanan dan menyampaikan permohonan kepada Kepala BPTP Kalbar atau yang mewakili.
  3. Kepala BPTP Kalimantan Barat/mewakili mendisposisi permohonan kepada Manager Administrasi untuk menindak lanjuti permohonan. Manajer Administrasi selanjutnya mendisposisi permintaan layanan ke bagian penerimaan contoh di Laboratorium Penguji.
  4. Petugas penerima contoh berkoordinasi dengan Manajer Teknik atau Wakil Manajer Teknik untuk melakukan kaji ulang permintaan untuk menyepakati parameter yang diuji, metode yang digunakan dan jangka waktu pelaksanaan pengujian sebelum meregister contoh dengan mengisi Form Register Contoh.
  5. Pembayaran jasa biaya pengujian dilaksanakan 2 (dua) tahap, tahap I uang muka 30 % dari total invoce biaya pengujian dan tahap II sisanya diabayar saat pengambilan Laporan Hasil Uji (LHU).
  6. Laboratorium dapat memberi akses bagi pelanggan yang mengajukan permohonan resmi ke Kepala BPTP Kalimantan Barat untuk dapat menyaksikan pengujian dengan persetujuan dari Manajer Puncak atau Manajer Teknik atau Wakil Manajer Teknik.
  7. Bersamaan dengan pengambilan LHU pelanggan dapat mengisi formulir yang disediakan oleh Laboratorium Pengujian pada form Survey Kepuasan Pelanggan yang telah disiapkan dengan maksud untuk memperoleh umpan balik dari pelanggan,untuk peningkatan kepuasan pelanggan.
  8. Sisa contoh akan disimpan sebagai contoh arsip untuk pengujian ulang jika ada komplain dari Pengguna Jasa dan akan disimpan selama 5 bulan.
  9. Jika tidak ada komplain hasil Pengujian dalam jangka waktu 5 bulan tersebut, ditutup komplain dan arsip contoh dimusnahkan yang didokumentasikan dengan Berita Acara Pemusnahan Contoh kadaluwarsa.

4. LAYANAN PERPUSTAKAAN

  1. Pengguna  jasa  mengisi buku tamu dan maksud permintaan bahan pustaka untuk tujuan baca/pinjam/unduh;
  2. Petugas melakukan penelusuran bahan pustaka/unduh yang dibutuhkan  secara on-line atau Pemustaka melakukan penelusuran sendiri dan selanjutnya mengikuti instruksi kerja yang disediakan;
  3. Petugas membantu melakukan penelusuran bahan pustaka tercetak dan memberikan bahan pustaka tercetak yang dibutuhkan oleh pemustaka atau pemustaka melakukan penelusuran sendiri;
  4. Pemustaka mengembalikan bahan yang dipinjamkan dengan menempatkan di meja baca;
  5. Petugas menyusun kembali koleksi bahan pustaka yang telah digunakan oleh pemustaka ke tempat semula;
  6. Apabila pemustaka akan meminjam bahan pustaka maka harus mengikuti instruksi kerja peminjaman yang disediakan.

5. LAYANAN MAGANG/PELATIHAN/PKL SISWA ATAU MAHASISWA

  1. Pengguna jasa mengajukan permohonan tertulis berupa surat permohonan kerja magang siswa/mahasiswa yang dilengkapi dengan proposal magang dan melampirkan profil siswa/mahasiswa yang akan diajukan untuk program magang/pelatihan/PKL
  2. Petugas layanan menerima, mencatat dan menyampaikan surat permohonan beserta proposal magang siswa/mahasiswa kepada kepala BPTP Kalimantan Barat.
  3. Kepala BPTP Kalimantan Barat mendisposisikan surat permohonan, proposal pengajuan magang siswa/mahasiswa kepada Kasi KSPP untuk dapat menindaklanjuti.
  4. Kasi KSPP bersama Tim Capacity Building menyeleksi kompetensi peserta magang berdasarkan profil yang diajukan, selanjutnya mempersiapkan surat balasan peserta magang yang diterima dan mengirimkannya.
  5. Peserta magang yang sudah dinyatakan diterima wajib mengikuti  pertemuan teknis di BPTP Kalimantan Barat dengan membawa surat keterangan sehat, mengisi form  isian magang dan menandatangani kontrak kerja magang.
  6. Peserta magang melaksanakan kegiatan magang sesuai dengan proposal yang diajukan
  7. Peserta magang membuat laporan hasil pelaksanaan magang dan melaksanakan seminar hasil magang di lingkup BPTP  Kalimantan Barat serta menerima sertifikat magang.
  8. BPTP Kalimantan Barat menyampaikan Kuisioner IKM untuk diisi oleh pengguna jasa magang dan hasilnya disampaikan kepada kepala BPTP melalui Kasie KSPP sebagai bahan evaluasi pelaksanaan kegiatan magang angkatan berikutnya.

Subkategori