JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Pengumuman

Puji Syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT Karena berkat rahmat dan karunianya, kami dapat menyelesaikan Daftar Informasi Publik BPTP Kalbar. Buku Daftar Informasi Publik disusun sebagai wujud pertanggungjawaban terhadap pelaksanaan Undang-Undang keterbukaan Informasi Publik dan peraturan Pemerintah No 61 Tahun 2010, serta Peraturan Menteri Pertanian No 32/Permentan/OT.140/6/2011 tentang Pengelolaan danPelayanan Informasi Publik di Lingkungan Kementerian Pertanian.

Tuntutan terhadap mutu suatu produk di era perdagangan global seperti sekarang ini terbukti semakin nyata. Tuntutan tersebut tidak hanya didasarkan dari bentuk fisik dan model suatu barang, tetapi juga berdasarkan dokumen resmi yang harus disertakan. Dokumen tersebut harus menerangkan bahwa produk telah memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan. Sedangkan sertifikat hasil uji mutu produk itu sendiri juga harus dikeluarkan oleh laboratorium penguji yang diakui yaitu laboratorium penguji yang terakreditasi. 

Varietas/bibit unggul merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan panen, oleh karena itu untuk mendapatkan hasil panen yang berkualitas dan berkuantitas diperlukan bibit unggul yang baik pula. Tetapi sayangnya ketersediaan benih tersebut terbatas sehingga petani kesulitan mencari benih berkualitas. 

Salah satu tugas pokok dan fungsi dari UPBS Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Barat yaitu penyediaan dan perbanyakan benih padi unggul guna membantu memenuhi ketersedian benih unggul bermutu secara berkelanjutan. Berdasarkan hal tersebut, UPBS BPTP Kalbar akan memberikan benih padi berkualitas unggul yang dihasilkan penangkar UPBS kepada kelompok tani secara cuma-cuma atau gratis.

Prosedur yang dibutuhkan sangat sederhana yaitu dengan membuat surat permintaan benih padi yang ditujukan kepada Kepala Balai Teknologi Pertanian Kalimantan Barat. Surat tersebut berisi:

  • Nama kelompok tani penerima
  • Lokasi kelompok tani

Surat permintaan tersebut bisa dikirimkan oleh kelompok tani langsung atau melalui Dinas Pertanian setempat dengan menuliskan persyaratan seperti tersebut di atas.

 

Contoh surat permintaan benih (klik untuk memperbesar):