JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

UPBS

Varietas/bibit unggul merupakan salah satu teknologi penting yang dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian dalam mendukung pembangunan pertanian, tetapi sayangnya ketersediaan benih tersebut terbatas sehingga petani kesulitan mencari benih berkualitas. Produksi benih padi varietas-varietas terbaru yang dilakukan UPBS ditujukan untuk mendukung diseminasi agar petani dapat memperoleh benih berkualitas prima dengan varietas yang lebih unggul dibandingkan yang telah digunakan selama ini. Dalam hal ini Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Barat diharapkan dapat berperan dalam upaya penyediaan dan perbanyakan benih padi unggul guna membantu memenuhi ketersedian benih unggul bermutu secara berkelanjutan. 
 
Tujuan
  1. Menghasilkan benih sumber padi (FS, SS, ES) agar selalu terjamin ketersediaannya guna membantu memenuhi ketersediaan benih unggul bermutu medukung kegiatan Kementerian Pertanian dalam upaya mendukung program peningkatan produksi padi.
  2. Mempercepat pengembangan dan penyebarluasan varietas unggul baru (VUB) ke tingkat kelompok tani/pengguna lainnya dalam upaya mendukung program peningkatan produksi padi.
  3. Mendukung upaya penyediaan benih unggul bermutu bagi petani/pengguna lainnya secara cepat dan tepat serta berkelanjutan.

UPBS BPTP Kalbar memiliki dua jenis layanan yaitu pembelian benih dan Pemberian bantuan benih. Berikut merupakan Standar Operational Procedure (SOP) Pelayanan Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS) di BPTP Kalimantan Barat:

Varietas/bibit unggul merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan panen, oleh karena itu untuk mendapatkan hasil panen yang berkualitas dan berkuantitas diperlukan bibit unggul yang baik pula. Tetapi sayangnya ketersediaan benih tersebut terbatas sehingga petani kesulitan mencari benih berkualitas. 

Salah satu tugas pokok dan fungsi dari UPBS Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Barat yaitu penyediaan dan perbanyakan benih padi unggul guna membantu memenuhi ketersedian benih unggul bermutu secara berkelanjutan. Berdasarkan hal tersebut, UPBS BPTP Kalbar akan memberikan benih padi berkualitas unggul yang dihasilkan penangkar UPBS kepada kelompok tani secara cuma-cuma atau gratis.

Prosedur yang dibutuhkan sangat sederhana yaitu dengan membuat surat permintaan benih padi yang ditujukan kepada Kepala Balai Teknologi Pertanian Kalimantan Barat. Surat tersebut berisi:

Buku Deskripsi Varietas Unggul Baru Padi produk dari Badan Litbang Pertanian, update tahun 2017 bisa di download disini: 

Untuk melakukan pemesanan benih padi UPBS BPTP Kalbar baik pembelian ataupun bantuan pemohon dapat datang langsung ke Kantor BPTP Kalimantan Barat kemudian mengisi buku tamu dan mengajukan permohonan tertulis untuk mendapatkan pelayanan UPBS; b) mengirimkan surat tertulis atau melalui e-mail; c) melalui whatsapp layanan BPTP Kalimantan Barat.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat

Jl. Budi Utomo No. 45 Siantan Hulu Pontianak Utara Kota Pontianak

Contact Person (telp / WA): 089631902100