SOP Pelayanan Informasi dan Konsultasi Pertanian

Kategori Induk: Layanan Kategori: Informasi dan Konsultasi Ditulis oleh admin1 Dilihat: 76

 Berikut merupakan SOP Pelayanan Informasi dan Konsultasi Pertanian di BPTP Kalimantan Barat:

  1. Pemohon datang langsung/melalui surat / melalui e-mail/ media sosial (FB/Twitter/Whatsapp)/website (www.kalbar.litbang.pertanian.go.id) kemudian mengajukan permohonan tertulis untuk mendapatkan pelayanan informasi/konsultasi;
  2. Petugas layanan (front office/admin medsos) menerima, mencatat dalam buku permohonan pelayanan dan menyampaikan permohonan kepada Kepala BPTP Kalbar atau yang mewakili.
  3. Kepala BPTP Kalimantan Barat atau yang mewakili mendisposisi permohonan tersebut kepada Kasi KSPP dan kepada pelaksana layanan
  4. Petugas layanan menyampaikan surat disposisi permintaan data dan memo kepada bagian yang ditunjuk/pelaksana layanan.
  5. Kasi KSPP memfasilitasi kegiatan pelayanan konsultasi inovasi teknologi pertanian sesuai permohonan berkoordinasi dengan pelaksana layanan.
  6. Pelaksana Layanan (peneliti/perekayasa/ penyuluh pertanian/teknisi litkayasa, pustakawan) melakukan pelayanan konsultasi inovasi teknologi pertanian sesuai permohonan.
  7. Apabila data/informasi belum tersedia/dimiliki, maka petugas layanan informasi memberikan keterangan bahwa informasi belum tersedia/dimiliki
  8. Untuk data/informasi yang dikecualikan, maka Kasi KSPP menerbitkan surat keputusan tentang penolakan permohonan.
  9. Apabila data/informasi tersedia, maka petugas layanan informasi memantau penyiapan data/informasi proses layanan sesuai dengan disposisi yang telah diajukan
  10. Petugas layanan menerima data/informasi yang telah dipersiapkan oleh bagian tertentu
  11. Pemohon data/informasi mengambil data/informasi yang telah disiapkan oleh petugas layanan informasi.
  12. Seluruh hasil informasi dan konsultasi disusun sebagai laporan kepada Kasi KSPP.