JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Diseminasi Teknologi “JARWO SUPER” Mendukung UPSUS Pajale di Kalimantan Barat

Dalam rangka memperingati Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ( BBGRM ), Hari Kesatuan Gerak ( HKG ) PKK ke-44, Hari Krida Pertanian ( HKP ) ke-44 dan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-36 Tahun 2016  Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya adalah penyelenggaraan pameran  yang dipusatkan  di Kampung Santana Kabupaten Sanggau pada tanggal 20-22 September 2016. Gubernur Kalimantan Barat Drs. Cornelis,  MH didampingi istri Federika Cornelis, S.Pd membuka secara resmi stand Pameran yang diikuti oleh 14 Kabupaten/Kota, SKPD Provisi dan Kabupaten Sanggau serta stand TP PKK se Kalimantan Barat.

 

BPTP Kalimantan Barat berpartisipasi dalam pameran tersebut sekaligus memanfaatkan event tersebut sebagai media untuk mendiseminasikan inovasi teknologi pertanian kepada masyarakat di Kalimantan Barat yang merupakan salah satu tupoksi BPTP selaku UPT Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan).

Balitbangtan.telah menghasilkan berbagai teknologi dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan, khususnya peningkatan produksi padi nasional, untuk itu stand BPTP Kalimantan Barat pada pameran kali ini menyajikan  materi utama yang merupakan hasil penelitian dan pengembangan terbaru Badan Litbang Pertanian  yaitu “Teknologi jajar legowo (jarwo) super” yang mampu meningkatkan produktivitas hingga 50 persen dibanding rata-rata nasional. Sosialisasi Teknologi Jarwo super merupakan salah satu upaya  untuk menignkatkan produktivitas padi dalam rangka mendukung UPSUS Pajale  di Kalimantan Barat. Komponen-komponen teknologi jarwo super juga mengisi stand BPTP Kalbar antara lain display Varietas Unggul Baru (VUB) Inpari 30, Inpari 32 dan Inpari 33. Selain itu Dekomposer M-Dec, Pupuk hayati Agrimeth dan Pestisida nabati Bioprotektor dan tidak lupa pula mesin tanam Indo jarwo transplanter.

Selain Teknologi Jarwo super stand BPTP Kalbar juga menampilkan materi penunjang  yaitu Model  Pengembangan Pertanian Bioindustri Padi – Ternak dan Model  Pengembangan Pertanian Bioindustri Jagung -Tenak. Hasil atau produk dari pengembangan Inovasi teknologi dalam pendampingan kegiatan  pengembangan pertanian bioindustri padi-ternak  maupun jagung-ternak seperti pupuk organik granul, Pupuk Organik Cair bio urine, beras premium, briket arang sekam,  silase batang jagung. Materi penunjang lainnya yang tidak kalah banyak mendapat respon dari pengunjung pameran  yaitu Teknologi budidaya bawang merah di lahan gambut dan VUB Situ patenggang yang tahan penyakit blas.

Berbagai materi ini di kemas dan disajikan dalam berbagai media informasi antara lain dalam bentuk Poster, leaflet/folder, brosur,  alat peraga serta pemutaran film. Informasi tentang Benih VUB potensi hasil tinggi dan Budidaya bawang merah di lahan gambut banyak mendapat respon positif dari pengunjung,  beberapa pengunjung menyatakan ketertarikannya dan  melakukan transaksi pembelian VUB Padi yang disajikan di stand BPTP Kalbar.