JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

PANEN RAYA DEMFRAM PADI PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN KAWASAN PERTANIAN NASIONAL TANAMAN PANGAN DALAM RANGKA MENDUKUNG UPSUS PAJALE DI PROV. KALIMANTAN BARAT

Pada hari Kamis, 8 September 2016 telah dilakukan panen raya kegiatan Pendampingan Pengembangan Kawasan Pertanian Nasional Tanaman Pangan di Desa Lumut, Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau. Pemilihan lokasi di Kab. Sanggau ini berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian No : 3/Kpts/PD.120./1/2015 tanggal 2 Januari 2015. Kegiatan panen tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sanggau (Drs. Yohanes Ontot), Kepala BPTP Kalimantan Barat (Ir. Jiyanto, MM), Dandim Sanggau, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sanggau, BPS Kabupaten Sanggau dan Camat Toba, serta Muspika.

 

Kegiatan pendampingan ini menurut masyarakat tani dapat memberikan spirit baru bagi mereka karena biasanya hasil maksimum produksi petani rata-rata hanya 2,5 t ha, namun dengan adanya kegiatan pendampingan ini hasil panen padi varietas Inpari 30 berdasarkan ubinan mencapai 7,05 ton/ha,  sedangkan hasil panen padi varietas Inpara 2 bisa mencapai 8,34ton/ha. Tanggapan petani terdapat kedua varietas tersebut mereka lebih tertarik untuk mengembangkan varietas Inpara 2, karena sangat sesuai dilokasi tersebut, karena lahan masih banyak mengandung zat besi.

Arahan Wakil Bupati kepada Kepala Dinas Pertanian agar setiap daerah utamanya kecamatan dilakukan karakrerisasi terhadap kesesuaian varietas yang sesuai, dan Wakil Bupati juga berharap kepada BPTP Kalimantan Barat agar terus melakukan kajian di Kabupaten Sanggau terutama pada kecamatan lain, sehingga hasil kajian ini akan diterapkan oleh petani. Setelah panen dilanjutkan dengan acara Temu Lapang, dalam sambutannya Kepala BPTP Kalimantan Barat menyampaikan ucapan syukur karena hasil panen ini  belum pernah dicapai oleh masyarakat di desa tersebut.

Kepala BPTP Kalbar berpesan agar masyarakat disekitar kecamatan Toba dapat menerapkan teknologi yang telah diujicoba ini. Teknologi utama yang berperan tinggi dalam meningkatkan produktivitas tanaman yaitu penggunaan varietas unggul dan pergantian varietas, untuk dilakukan pergiliran varietas, seperti varietas Pelita dan Barito yang masih ditanam oleh petani selayaknya untuk diganti karena sudah lama.

Penerapan sistem tanam legowo 2:1 semua tanaman berada pada aspek pinggir sehingga sirkulasi udara, dan penerimaan intesitas matahari lebih optimum, penyerapan unsur hara melalui pupuk lebih efektif, memudahkan pemeliharaan dan berdasarkan pengamatan di lapangan bahwa petani yang tidak menggunakan legowo tanamannya banyak terserang hama tikus.

Umumnya lokasi sawah di Kecamatan Toba mempunyai permasalhan unsur besi tinggi yang disebabkan oleh sirkulasi air di petak persawahan tidak lancar atau tergenang, oleh sebab itu petani dapat membuat parit dipinggir pematang, mengurangi penggunaan Nitrogen karena dapat meningkatakan keasaman tanah, serta penambahan bahan organik yaitu pengembalian jerami pada lahan.

Dandim Sanggau dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa masyarakat telah berhasil meningkatan produktivitas tanaman dengan demikian akan berdampak pada kesejahtraan pateni. Baru-baru ini kita dipermasalahkan dengan asap, namun di Kecamatan Toba mempunyai titik hot spot sedikit, diharapkan kedepan petani meingkatkan pertanaman padi sawah sehingga mengurangi pembukaan lahan untuk padi ladang dengan membakar lahan.

Wakil Bupati Sanggau yang merupakan Putra Daerah Kecamatan Toba menyampikan bahwa agar petani padi lebih bergairah karena dengan peningkatan produksi akan meningkatakan pendapatan petani, pemerintah saat ini fokus membangun pertanian salah satunya melalui program cetak sawah untuk itu agar petani dapat memanfaatkan sebaik mungkin dan secepatnya untuk ditanami.

Masyatakat petani di sekitar Kecamatan Toba ini harus mau berubah pada pola usahatani tradisional menjadi petani modern, tinggalkan kebiasaan tradisi yang menghambat usahatani kita. Pada kesempatan itu juga Wakil Bupati berpesan agar dengan meningkatnya pendapatan petani jangan lupa untuk di Tabung di Credit Union atau Bank, sehingga kesejahtraan masyarakat lebih meningkat ujarnya.