JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Kemeriahan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 BPTP Kalimantan Barat

Kemerdekaan yang didapatkan bangsa Indonesia sejatinya bukanlah suatu hadiah yang diberikan secara cuma-cuma, bukan pula suatu pemberian dan bukan juga suatu belas kasih dari suatu bangsa yang pernah menjajah negeri ini selama ratusan tahun, akan tetapi pada hakekatnya kemerdekaan bangsa Indonesia merupakan suatu anugrah dan rahmat dari Allah SWT atas segala usaha dan perjuangan yang panjang dengan mengorbankan jutaan jiwa dan harta benda yang tak terhitung dengan kesabaran dan keikhlasan yang didasari semangat pantang menyerah hingga akhir hayat. Dan pada tanggal 17 Agustus 1945 atas nama bangsa Indonesia Sukarno – Hatta memproklamirkan Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia, dimana semua Negara di dunia mengakui bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Negara yang merdeka dan berkedaulatan rakyat.

Bung Karno pernah berkata “Janganlah menunggu segala sesuatunya dipersipakan baru kita menyatakan kemerdekaan karena hal itu tidak mungkin, tapi jadikanlah kemerdekaan ini menjadi jembatan emas untuk mencapai cita-cita luhur bangsa Indonesia yang tercetus dalam naskah Pancasila”. Dalam memeriahkan semarak peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71, BPTP Kalimantan Barat mengadakan berbagai macam perlombaan untuk seluruh pegawai baik bapak-bapak maupun ibu-ibu, adapun perlombaannya diantaranya Lomba makan krupuk, memasukkan paku ke dalam botol dengan berpasangan, menggiring bola dengan terong, joged bola pingpong, dan lomba memasukkan air ke dalam botol dengan mata ditutup krucut. Acara seperti ini sebaiknya setiap tahun perlu dilakukan karena sangat bermanfaat untuk menjalin hubungan kekeluargaan dan keharmonisan antara sesama pegawai BPTP Kalbar.

Dari beberapa pertandingan perlombaan yang disajikan, yang lebih banyak menarik perhatian dan tawa riang yang lepas adalah perlombaan menggiring bola dengan terong, Adapaun cara melakukan perlombaan ini yaitu dengan menggantung terong menggunakan tali yang terikat pada pinggang para peserta masing-masing. Selanjutnya para peserta wajib menggiring bola tersebut dengan menggunakan terong tersebut hingga mencapai garis finish yang telah di tentukan. Lomba ini sangat seru karena mampu mempertontonkan aneka aksi kocak para peserta yang kesulitan menggiring bola menggunakan terong yang digantung tersebut. (M.S)