JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Tausiyah Bersama Habib Umar “Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali”

Pada hari Senin, 27 Juni 2016 bertempat di aula BPTP Kalimantan Barat dilaksanakan tausiyah dalam rangka mengisi bulan ramadhan yang dihadiri oleh seluruh staf BPBT Kalimantan dengan menghadirkan Habib Umar dari Pontianak sebagai pengisi ceramah. Acara tersebut diawali dengan sholat dhuhur berjama’ah dengan Habib Umar sebagai imam sholat.

Diawali dengan penjelasan arti iman, Habib Umar menjelaskan bahwa arti secara syariat tentang iman adalah “mejauhi segala larangan-Nya dan melaksanakan segala perintah-Nya. Mengapa Alloh memerintahkan umat Islam dalam puasa dengan panggilan “wahai orang-orang” beriman?. Kalimat tersebut memang ditujukan khusus untuk orang-orang yang beriman. Orang beriman dapat digambarkan sebagai orang-orang yang selalu mengingat Alloh, orang yang selalu berfikir tentang kebesaran-kebesaran Alloh dan mereka yang selalu berfikir kemana mereka nantinya akan kembali.

 

Orang-orang beriman selalu yakin bahwa Alloh selalu mengawasi meraka, bahwa Alloh selalu memperhatikan setiap gerak-gerik apa yang kita kerjakan dan dimanapun mereka berada. Orang-beriman selalu merasa bahwa hidup mereka selalu dikontrol oleh Alloh. Oleh sebab itu manusia yang bertaqwa akan selalu menyandarkan hidupnya hanya pada Alloh, bukan bersandar pada jabatan, harta maupun kekuasan.

Hakikat ibadah sebenarnya bukan hanya untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya namun lebih dari itu yaitu untuk menyembah dan melayani Rob pencipta kita serta. Apabila semua yang kita lakukan termasuk pekerjaan kita diniatkan karena Lillahita’ala maka insyaalloh kita akan mendapatkan ketenangan hidup. Hakikat hidup sebenarnya adalah انا لله وانا اليه راجعون “sesungguhnya kita adalah milik Alloh dan kepada-Nya lah kita akan kembali”. Dengan kata kunci tersebut diharap kita akan selalu istiqomah dalam menjalani hidup, selalu berikhtiar dan hasilnya kita serahkan sepenuhnya kepada Alloh. Insyaalloh kita akan mendapat ketenangan di dunia dan surga di akhirat kelak. Amin ya robbal alamin....