JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

BPTP KALBAR DALAM KEGIATAN ART, SCIENCE, AND TECHNOLOGY EXPO

Sabtu (30/2/2016) bertempat di Komplek Perguruan Muhammadiyah tepatnya di halaman SD Muhammadiyah 2 Pontianak, telah digelar Kegiatan Art, Science, and Technology Expo. Acara dibuka oleh Wakil Walikota Pontianak (Edi Rusdi Kamtono). Kegiatan Art, Science, and Technology Expo mengusung tema “ Cool Muhammadiyah Pontianak for cool Indonesia “.

Dalam kegiatan tersebut diadakan berbagai acara yang meliputi : Pameran, berbagai perlombaan seperti Olimpiade Matematika, IPA dan IPS, lomba Nasyid tingkat SMP dan SMA, lomba roket air tingkat  SMP dan SMA, sinking boat tingkat SD, mewarnai tingkat TK, membatik tingkat SD, menulis Cerpen tingkat SD serta bazaar makanan sehat tradisional.

Menurut Ketua Panitia, ada sekitar 14 instansi terkait yang ikut serta dalam pameran dan ada 25 stan yang membuka bazaar. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalbar adalah salah satu instansi yang ikut berperan serta dalam pameran. Pameran yang digelar berupa hasil karya seni dan sains siswa, juga produk unggulan dari masing-masing instansi yang ikut serta dalam pameran.

BPTP Kalbar sebagai penghasil teknologi spesifik lokasi di Kalimantan Barat, dalam pameran kali ini menampilkan alat mesin pertanian terbaru yaitu :  Indo Jarwo Rice Transplanter yang berfungsi sebagai mesin tanam padi pada lahan sawah, Minicombine Harvester yang berfungsi sebagai alat panen padi dan Power Weeder yang berfungsi sebagai alat penyiang gulma padi. Selain itu dipamerkan pula Perangkat Uji Tanah Sawah/Rawa (PUTS/PUTR), berbagai judul leaflet dan buku-buku teknologi pertanian, serta pemutaran video kegiatan yang telah dilakukan oleh BPTP Kalbar dalam upaya mensukseskan Program strategis Kementerian Pertanian. Pengunjung yang mendatangi stan pameran BPTP Kalbar cukup banyak dan sangat antusias, terutama para siswa dari berbagai sekolah maupun para mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Kota Pontianak. Mereka sangat tertarik dengan alat mesin pertanian yang dipamerkan. Berbagai pertanyaan terkait alat mesin pertanian tersebut, banyak dilontarkan oleh pengunjung, mulai dari kegunaan alat-alat tersebut hingga biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli satu unit dari alat-alat tadi.

Kegiatan Art, Science, and Technology Expo dengan tema “ Cool Muhammadiyah Pontianak for cool Indonesia “ memang patut diacungi jempol. Melalui kegiatan seperti ini diharapkan kita terutama anak-anak bisa mendapat pengalaman, belajar dan berinteraksi secara langsung antar sesama siswa, pengajar dan orangtua serta masyarakat yang lebih luas. Selain itu, dalam kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan rasa cinta akan seni dan budaya lokal serta dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi anak sejak usia dini, terutama dibidang yang berorientasi sains dan teknologi. Melalui kegiatan pameran, semoga BPTP Kalbar juga selalu menampilkan teknologi baru di bidang pertanian, sehingga dapat memperluas pengenalan dan penerapan teknologi tersebut bagi masyarakat pada umumnya. ̴̴ LYA ̴̴