JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

KUNJUNGAN BEM FAFERTA UNTAN

Mengawali tahun 2016 Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalbar menerima kunjungan anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura Pontianak. Sebagai salah satu stakeholder pembangunan pertanian, menaruh perhatian terhadap kebijakan pertanian serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian saat ini. Untuk memantapkan pengetahuannya tentang kebijakan dan penelitian pertanian terkini. Jumat, 21 Januari 2016, kunjungan sebanyak 15 orang Mahasiswa Untan yang disambut langsung oleh Kepala Balai (Ir. Jiyanto, MM) didampingi oleh kepala seksi Kerja Sama Pelayanan dan Pengkajian (KSPP) BPTP Kalbar (Ir. Rusli Burhansyah, M.Si).

 

Dalam sambutannya kepala Balai menyampaikan bahwa Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Barat merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Badan Litbang Pertanian) di daerah yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian (SK Mentan) Nomor: 350/Kpts/OT.210/6/2001 tanggal 14 Juni 2001. Yang memiliki tupoksi Melaksanakan pengkajian, perakitan dan pengembangan teknologi pertanian spesifik lokasi. Pelaksanaan inventarisasi dan identifikasi kebutuhan teknologi pertanian tepat guna spesifik lokasi; Pelaksanaan penelitian, pengkajian dan perakitan teknologi pertanian tepat guna spesifik lokasi; Pelaksanaan pengembangan teknologi dan diseminasi hasil pengkajian serta perakitan materi penyuluhan; Penyiapan kerjasama, informasi, dokumentasi, serta penyebarluasan dan pendayagunaan hasil pengkajian, perakitan dan pengembangan teknologi pertanian tepat guna spesifik lokasi; Pemberian pelayanan teknik kegiatan pengkajian, perakitan dan pengembangan teknologi pertanian tepat guna spesifik lokasi.

Selain itu disampaikan pula berbagai inovasi teknologi yang telah dikeluarkan oleh BPTP Kalimantan Barat misal, pupuk bio urin, teknologi pasca panen lada, pengendalian penyakit pada tanaman bawang merah,  rekomendasi VUB padi, jagung dan kedelai di berbagai agroekosistem DI KALIMANTAN BARAT, penggunaan mekanisasi pertanian (Indojarwo Transplanter dan Minicombine Harvester serta berbagai teknologi pertanian yang lainnya.

Ketika disinggung mengenai kemungkinan mahasiswa melakukan kegiatan magang di BPTP Kalbar, pertanyaan itu disambut baik, semoga saja di tahun-tahun yang akan datang kegiatan magang mahasiswa dapat dilaksanakan. Mahasiswa rata-rata nampak puas atas sambutan dan penjelasan yang disampaikan oleh kepala Balai dan Kepala KSPP. Menurut mahasiswa Untan, teknologi yang dihasilkan Badan Litbang Pertanian sudah sangat bagus. Hanya saja sosialisasi teknologi tersebut ke masyarakat luas masih perlu terus ditingkatkan. Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan plakat oleh perwakilan mahasiswa kepada kepala balai serta foto bersama. --JB --