Tanam Serempak di Landak

Kategori Induk: Berita Dilihat: 1210

Tanam padi secara serentak sebagai upaya optimalisasi lahan di masa tanammusim rendengan di tahun 2015 ini  dapat  berdampak baik terhadap peningkatan produksi padi  Di kabupaten Landak. Tanam serentak dilakukan di luasan lahan sekitar 24 Ha. Setelah dilakukan tanam serentak secara simbolis oleh  Bapak kepala dinas pertnaian landak, Bapak keala BPTP kaliamntan Barat, bapak Kepala BP4K Kabupaten Landak, Bapak Danramil Kecatamatan Sengah Temila, Babinsa, para anggota Gapoktan, Poktan dan Tenaga Harian Lepas, Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP). sehingga dengan adanya temu lapang ini  dapat mempengaruhi para masyarakat petani menanam tanaman padi secara serentak.

 

Menuruk bapak kepala BPTP Kalbar  Ir,. Jiyanto, MM Bahwa sebaiknya pertanian kedepanya merupakan pertanian Modern yang berpasis teknologi yang dengan  pengunaan teknologi pertanian dapat menghemat biaya produksi pertanian di bandingkan dengan pertanian yang konfensional mulai dari olah tanah sampai Pasca penen, disamping itu beliau juga megukapkan bahwa sudah banyaknya teknologi badan litbang yang di serap oleh petani setempat terutama pengunaan VUB Padi dan Pola tanam jajar legowo.

dari hasil tanya jawab dari petani di ketahui bahwa  kendala dalam tanam serentak di desa Tonang Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak adalah terbatasnya sumberdaya pertanian selain keterersedian benih Unggul dan Obat-obatan  alsintan seperti Hand tractor, Power threser, Tranplanter juga menjadi kendala sehingga  untuk mengolah lahan mereka para petani mau tak mau harus bergantian sehingga dalam satu hamparan tidak bisa di laksanakan secara bersamaan, begitu juga pada saat panen,  Selain itu Jaringan Irigasi di wilayah mereka sudah bayak yang putus sehingga hal ini juga menjadi kendala bagi ketersedian air di lahan mereka.  Bapak kepal adinas pertanian Landak Bapak Vinsesius mengatakan bahwa semua yang menjadi kendala bagi mereka akan di bahas dan di kaji mudahan di tahun 2016 bisa terealisasi.