JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

PANEN RAYA DAN TEMU LAPANG KEGIATAN PERBANYAKAN BENIH UPBS BPTP KALBAR DI DESA KECURIT

Rabu, 19 Agustus 2015 telah diselenggarakan panen raya Dan temu lapang panen padi di Desa Kecurit, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah. Acara dihadiri oleh Bapak Bupati Kab. Mempawah beserta jajarannya, Pejabat Desa, Dandim  Mempawah beserta staf, Camat Toho, Bapak Kepala BPTP Kalbar beserta staf,  penyuluh di wilayah Kab. Mempawah, penangkar benih dan petani setempat.  Pada tahun 2015, BPTP bekerjsama dengan petani kooperator di Desa Kecurit melakukan perbanyakan terhadap tiga varietas padi unggulan Badan Libang antara lain Inpara 3 BS seluas 2.25 ha, Inpara 3 FS seluas 5.25 ha, Inpago 8 BS seluas 2.5 ha, dan Cibogo FS 2 ha.

Acara dimulai dengan panen raya secara simbolis oleh Kepala BPTP Kalimantan Barat, Bupati Mempawah, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Badan Ketahanan Pangan Dan Penyuluhan, Danramil, Dandim, Camat Toho, dan Kepala Desa. Panen raya merupakan acara simbolis sebagai pertanda syukur telah berhasilnya pertanaman petani kooperator UPBS dalam melakukan perbanyakan benih. Berdasarkan penampilan di lapangan, ketiga varietas yang diperbanyak oleh petani kooperator tampak dapat beradaptasi dengan baik dengan hasil ubinan cukup menggembirakan yaitu padi varietas CIbogo FS 6 ton/kg, Inpara 3 BS 5.7 ton/ha, Inpara 3 FS 5.4 ton/ha, Inpago 8 BS 5 ton/ha. Sistem tanam jajar legowo 4:1, pemupukan berimbang, dan pengendalian hama penyakit secara terpadu diterapkan pada kagiatan ini.

Setelah dilakukan simbolis panen raya, acara kemudian dilanjutkan dengan temu lapang dengan para petani di rumah salah seorang petani kooperator.  Pada pertemuan ini  Bapak Kepala BPTP Kalimantan Barat memberikan arahan, motivasi serta informasi terkait pertanian kepada petani. Penggunaan varietas yang adaptif dan unggul dapat meningkatkan produktivitas. Bapak Kepala Balai juga menyampaikan selamat kepada para petani yang telah berhasil pada pertanaman kali ini di walaupun pada kondisi cuaca yang kurang menguntungkan. Bukan hanya itu, Bapak Bupati yang berkesempatan hadir pada acara temu lapang juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan keluhan, saran atau kendala yang dialami oleh petani. Bapak bupati bersedia untuk menampung saran dan keinginan dari petani untuk kemudian ditindaklanjuti pada tahun berikutnya.

Pertanaman di lokasi UPBS Desa Kecurit terbilang cukup berhasil mengingat kondisi cuaca yang sudah memasuki musim kemaru panjang namun petani masih dapat memperoleh hasil. Serangan hama Dan penyakit pun  masih dapat dikendalikan sehingga petani tidak mengalami puso. Sesuai dengan arahan dari BPTP Kalimantan Barat, gabah hasil panen  ini kemudian diprosesing menjadi benih. Diharapkan dengan adanya kegiatan perbanyakan benih ini kebutuhan akan benih pada musim  tanam berikutnya dapat terpenuhi. Kegiatan perbanyakan benih ini juga bertujuan untuk mendukung gerakan UPSUS yang digiatkan oleh pemerintah pusat demi mencapai target swasembada pangan.