TEMU LAPANG PANEN PADI DALAM RANGKA MENDUKUNG UPSUS PADI, JAGUNG DAN KEDELAI DI KABUPATEN SEKADAU

Kategori Induk: Berita Dilihat: 976

temu lapang upsus sekadauPendampingan program UPSUS di Kalimantan Barat terus digulirkan. Setelah sebelumnya di lakukan temu lapang panen padi dalam rangka mendukung UPSUS di Kabupaten Landak dan Ketapang, kemarin (13/8/2015) Kepala BPTP Kalimanan Barat bersama-sama dengan pemangku kepentingan di Kabupaten Sekadau melaksanakan Temu Lapang Panen Padi pada lahan demfarm seluas 3 Ha di Desa Rawak Hilir Kecamatan Sekadau Hulu.

Demfarm padi tersebut merupakan bagian dari upaya BPTP Kalimantan Barat untuk mensukseskan program peningkatan produksi dan produktivitas padi di Kalimantan Barat, melalui diseminasi teknologi budidaya padi dengan pendekatan Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT), memperkenalkan varietas unggul baru (VUB) produksi Badan Litbang Pertanian, sekaligus mendorong petani melaksanakan penanaman padi di musim gadu.

Temu lapang tersebut dihadiri oleh pemangku kepentingan di Kabupaten Sekadau, diantaranya Kepala Dinas Pertanian, Kepala Badan Ketahanan Pangan, Danramil Sekadau Hulu, perwakilan kecamatan, BPS, Mantri tani dan petugas pertanian lapangan se-Kecamatan Sekadau Hulu.

temu lapang upsus sekadauBerdasarkan hasil ubinan, produktivitas demfarm untuk varietas Cibogo adalah 6,24 t/ha, sedangkan varietas Inpari 30 menghasilkan 6,08 t/Ha.

Kepala BPTP Kalimantan Barat, Bapak Jiyanto, meminta petani untuk mensyukuri hasil tersebut mengingat pertanaman demfarm sempat mengalami gejala keracunan besi pada fase vegetatif dan mengalami periode kekeringan ringan pada fase generatif.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan serah terima secara simbolis bantuan dana untuk Percepatan Pengangekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) dan pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), dari pemerintan daerah kepada 6 kelompok wanita tani di Kabupaten Sekadau. (au)

 

 

 

temu lapang upsus sekadau