JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Kepala BPTP Kalbar Hadiri Acara Pembukaan Expo Provinsi Kalimantan Barat 2015

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat Ir. Jiyanto, MM menghadiri acara pembukaan Expo Provinsi Kalimantan Barat 2015 di lapangan Gardenia samping Kantor Bupati Kubu Raya yang dibuka langsung oleh Gubernur Provinsi Kalbar Cornelis, MH, Kamis (21/05).

 

Acara ini diselenggarakan oleh Pemkab Kubu Raya dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-43, Bulan Bhakti Gotong royong Masyarakat XII, Hari Krida Pertanian ke-43 dan Hari Pangan Sedunia ke-35 yang dimulai dari tanggal 21 - 23 Mei 2015.

Tema acara tersebut adalah “Melalui hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK, bulan Bhakti gotong royong Masyarakat (BBGRM), hari Krida Pertanian (HKP) dan hari Pangan sedunia (HPS) kita tingkatkan partisipasi keluarga dan semangat gotong royong guna mewujudkan kemandirian pangan dan kesejahteraan masyarakat”.

Dalam pidato sambutannya Gubernur Kalimantan Barat Drs. Cornelis, MH mengajak seluruh masyarakat untuk secara bersama-sama dengan pemerintah daerah mewujudkan Ketahanan Pangan di Kalimantan Barat, seiring dengan adanya ancaman perubahan iklim yang nantinya berpengaruh pada ketahanan pangan di seluruh Dunia.

Orang nomor satu di Kalbar itu menyampaikan bahwa Pulau Kalimantan merupakan salah satu penyangga dunia selain Papua dan Sumatera, oleh karena itu perlu mensuplai oksigen lebih banyak untuk mengantisipasi pemanasan Global. Cornelis juga mengimbau kepada masyarakat untuk menanam pohon yang bisa mengeluarkan oksigen dan buahnya bisa dimakan seperti Sukun, Sagu.  Sehingga bila terjadi krisis pangan maka buah dari pohon-pohon tersebut bisa dikonsumsi. Guna mewujudkan kedaulatan pangan, salah satu langkahnya yaitu dengan membangkitkan kembali semangat gotong royong yang dikampanyekan PKK baik Provinsi sampai tingkat desa.

“Gotong royong tidak hanya fisik namun semangat jiwa gotong royong sesuai ideologi Pancasila, untuk mewujudkan kedaulatan pangan, karena kedaulatan pangan juga merupakan kedaulatan nasional,” tegas Cornelis. Sehingga dirinya memberikan semangat kepada pelaku pertanian (petani) untuk mendarmabhaktikan dirinya demi terwujudnya kedaulatan pangan.

Pada kesempatan itu Cornelis mengingatkan peranan akan penting PKK dalam membina keluarga agar tidak terpengaruh oleh aliran-aliran ekstrim keagamaan atau teroris dan penyalahgunaan obat terlarang yang mengancam masa depan generasi Indonesia khususnya Kalimantan Barat.

Dalam acara expo tersebut juga terdapat 70 stand pameran yang terdiri dari berbagai daerah di wilayah Kalimantan Barat yang memamerkan berbagai macam kekayaan daerahnya seperti makanan khas dan buatan asli dari tanaman yang ditanam dan panen sendiri. Harapannya dengan diadakannya Expo 2015 ini, masyarakat akan terus bersemangat untuk mengolah dan mengkreasikan bahan pangan yang ada, dengan begitu semua masyarakat bisa lebih mandiri menghasilkan bahan pangan, selain untuk dalam negeri bisa juga diekspor.

Pada acara tersebut juga dilaksanakan penyerahan bantuan alat kesehatan dan pertanian oleh Gubernur Kalbar dan Bupati Kubu Raya, kepada masyarakat secara simbolis. Bantuan tersebut merupakan perhatian dan apressiasi Pemerintah daerah serta merupakan rangsangan kepada masyarakat agar lebih giat lagi dalam meningkatkan produktifitas pangan. (M.S)