JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

KOORDINASI PENDAMPINGAN UPAYA KHUSUS (UPSUS) KABUPATEN MEMPAWAH

Pendampingan Program UPSUS swasembada padi, jagung dan kedelai di Kabupaten Mempawah berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia No. 1243/Kpts/OT.160/12/2014 tanggal 5 Desember 2014.  Kegiatan UPSUS Kabupaten Mempawah diawali dengan melakukan koordinasi dengan Bupati Kabupaten Mempawah, Dinas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Mempawah, Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Mempawah, Bappeda Kabupaten Mempawah, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Mempawah, Dandin dan Koramil Kabupaten Mempawah.

Dalam pertemuan koordinasi UPSUS di ruang rapat Bupati Kabupaten Mempawah pada tanggl 10 Pebruari 2014, Kepala BPTP Kalbar Ir. Jiyanto,MM mengatakan bahwa UPSUS merupakan program Kementerian Pertanian dalam upaya mencapai swasembada padi, jagung dan kedelai. Lebih lanjut dijelaskan oleh Kepala BPTP Kalbar, bahwa melalui UPSUS ini Pemerintah menyediakan bantuan kebutuhan prasarana dan sarana pertanian berupa jaringan irigasi, benih, pupuk dan alsintan serta menetapkan target peningkatan Indeks Pertanaman (IP) minimal sebesar 0,5 dan meningkatkan produktivitas padi minimal sebesar 0,3 ton GKP/ha, jagung 1 ton/ha dan kedelai 0,2 ton/ha.

Program UPSUS ini mendapat sambutan yang sangat baik dari Bupati Kabupaten Mempawah (Drs. H. Rio Norsan, MM, MH).  Beliau mengatakan supaya Pemda Kabupaten Mempawah harus serius untuk memajukan sektor pertanian di Kabupaten Mempawah karena kondisi lahan Kabupaten Mempawah sangat berpotensi untuk pengembangan sektor pertanian.  Semua instansi terkait diharapkan dapat bekerjasama dalam mensukseskan program UPSUS di Kabupaten Mempawah. Salah satu bukti dukungan Bupati Kabupaten Mempawah terhadap program UPSUS di Kabupaten Mempawah adalah instruksi Bupati Kabupaten Mempawah untuk segera membentuk tim khusus untuk pendampingan UPSUS di tingkat Kabupaten Mempawah, yang kemudian pada tanggal 11 Pebruari 2014 dilakukan rapat lanjutan tim khusus untuk membahas lebih detail tentang rencana dan strategi yang akan dilakukan Pemda Kabupaten Mempawah untuk mensukseskan program UPSUS di Kabupaten Mempawah. Rapat tim khusus kabupaten Mempawah dihadiri oleh Koordinator UPSUS BPTP untuk wilayah Kabupaten Mempawah (Dr.Muhammad.Hatta).

Pada tempat yang berbeda tim UPSUS BPTP Kalbar untuk Kabupaten Mempawah melalukan sosialisasi UPSUS ditingkat Kepala UPTD dan Koordinator BPP wilayah Kabupaten Mempawah yang pelaksanaannya di BPP Jungkat Kecamatan Siantan Kabupaten Pontianak dan dihadiri oleh Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Mempawah, Kepala Bidang penyuluhan (BP4K) Kabupaten Mempawah dan Kepala Bidang SDM (BP4K).  Diskusi cukup seru karena UPSUS di kalangan Kepala UPTD dan Koordinator BPP merupakan sesuatu yang baru, namun dengan berbagai penjelasan yang dikemukakan oleh nara sumber dari tim UPSUS BPTP Kalbar akhirnya dapat dipahami dan mendapat respon positif. Akhir dari diskusi disarankan agar program UPSUS di Kabupaten Mempawah perlu disosialisasikan sampai ke penyuluh pada tingkat desa sehingga semua penyuluh dapat memahami dan mendukung kelancaran dari program ini. (J.C.K)