JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Kunjungan Kepala BPTP ke Lokasi M-KRPL Kabupaten Landak

Kegiatan Pendampingan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) di Kabupaten Landak berada di Dusun Kubu Kerekng, Desa Agak, Kecamatan Sebangki. Dalam rangka monitoring pelaksanaan kegiatan pendampingan tersebut, Kepala BPTP Kalbar mengunjungi lokasi pendampingan pada hari Rabu tanggal 3 September 2014. Kepala BPTP Kalbar beserta rombongan meninjau rumah-rumah KWT Balakng Sejati sebagai kooperator kegiatan M-KRPL. Tanaman sayuran yang menjadi ikon M-KRPL sudah berada pada posisi pasca panen. Banyak tanaman yang sudah dipanen, dan hanya beberapa tanaman saja yang masih ada di pekarangan.

Dalam kunjungan tersebut juga diadakan pertemuan dengan seluruh anggota KWT Balakng Sejati dan dihadiri oleh Kepala BP3K Sebangki, PPL Swadaya dan perwakilan dari pemerintah desa Agak. Dalam sambutannya, Bapak Ir. Jiyanto, MM selaku Kepala BPTP Kalbar menjelaskan bahwa pemanfaatan pekarangan harus terus berlanjut (lestari) agar masing-masing keluarga (KWT) dapat merasakan manfaatnya terus menerus. Pendampingan M-KRPL akan selalu dilakukan oleh BPTP Kalbar sampai kegiatan tersebut selesai. Namun diharapkan kepada KWT Balakng Sejati agar selalu memanfaatkan dan memelihara pekarangan untuk hal-hal positif yang dapat membantu mengurangi pengeluaran rumah tangga seperti kegiatan M-KRPL.

Bapak Kimbun selaku Kepala BP3K Sebangki memaparkan bahwa kegiatan M-KRPL yang sudah dilaksanakan selama 2 tahun di dusun Kubu Kerekng, desa Agak, kecamatan Sebangki sudah berjalan dengan lancar. Pembinaan dari BPTP Kalbar dengan berbagai inovasi teknologi pertanian yang diberikan khususnya pemanfaatan pekarangan melalui budidaya tanaman sayuran sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh KWT dan masyarakat sekitar. Dengan adanya kegiatan pendampingan M-KRPL oleh BPTP, ibu-ibu KWT dapat mengurangi biaya konsumsi rumah tangga terutama konsumsi pembelian sayuran karena dapat menyediakan sayuran di pekarangannya masing-masing.

Pada pertemuan tersebut, BPTP Kalbar juga memberikan cindera mata kepada KWT Balakng Sejati yang diwakili oleh ketua KWT sebagai apresiasi atas kerjasama dalam pembinaan kegiatan M-KRPL. Setelah pertemuan dilanjutkan dengan foto bersama di halaman depan rumah ketua KWT.