PERTEMUAN KEGIATAN MP2RL 2014 DI SUNGAI KAKAP

Kategori Induk: Berita Ditulis oleh admin1 Dilihat: 972

Badan Litbang Pertanian fokus dalam mengembangkan model pertanian ramah lingkungan lestari yang dituangkan dalam kegiatan Model Akselerasi Pengembangan Pertanian Ramah Lingkungan Lestari (m-AP2RL2). Di Kalimantan Barat, kegiatan MAP2RL2 difokuskan pada komoditas padi dan sapi yang dilaksanakan di dusun Cendrawasih, Kecamatan Sui Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Untuk mendukung pelaksanaan kegiataan ini BPTP Kalbar melakukan beberapa kegiatan berupa pendampingan, pengawalan dan pelatihan teknologi kepada anggota Gapoktan ‘Madiun Bersatu”. Selain itu kegiatan MAP2RLL ini juga didukung oleh kegiatan MP3MI. Untuk menyamakan persepsi maka dilakukan pertemuan yang dihadiri oleh kepala Balai, Tim MAP2RLL dan MP3MI BPTP Kalbar, penyuluh, serta pengurus Gapoktan “Madiun Bersatu” dan anggotanya. Selain itu pertemuan juga dilakukan dalam rangka evaluasi musim tanam gadu (MK) dan persiapan musim tanam rendengan (MH).

Dalam sambutannya Kepala Balai memberikan dorongan kepada Gapoktan dan anggotanya untuk selalu memiliki semangat kebersamaan yang tinggi untuk kemajuan daerah tersebut dan diharapkan dusun cendrawasih menjadi desa percontohan sehingga ditiru oleh  penduduk desa sekitarnya. Melalui diskusi petani mengungkapkan berbagai permasalahan yang dihadapi seperti adanya serangan hama penyakit padi serta kondisi kekeringan dan air asin yang sempat menjadi kendala pada usahatani padi. Kondisi percontohan tanaman padi saat ini sudah munlai menguning dan diperkirakan akan panen pada akhir bulan September.

Beberapa program akan dilanjutkan dan dikembangkan diantaranya adalah perbenihan komunal yaitu mengembangkan benih padi unggul oleh penangkar benih di desa sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan benih di desa tersebut. Selain itu juga ada Usaha Simpan Pinjam sebagai Lembaga Keuangan Mikro, pelatihan pembuatan silase untuk pakan ternak, bio urine yang mengadopsi dari BPTP Bali serta pemanfaatan biogas. Petani menyambut baik berbagai program tersebut dan mengharapkan bimbingan dalam mencapai keberhasilannya. Selain pertemuan juga dilakukan kunjungan lapang ke lokasi percontohan padi, percontohan kandang sapi, biogas, serta demo pembuatan urine dan silase.