PEKAN AGRO INOVASI BPTP KALBAR MERIAHKAN HUT BADAN LITBANG PERTANIAN

Kategori Induk: Berita Ditulis oleh admin1 Dilihat: 1566

Dalam rangka ulang tahun Badan Litbang Pertanian ke-40, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Barat melaksanakan promosi dan ekspose, yang dikemas dalam kegiatan Pekan Agro Inovasi Teknologi Spesifik Lokasi dengan tema “Agro Inovasi Kreatifitas Tiada Henti untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Petani”. Rangkaian kegiatan Pekan Agro Inovasi ini dilaksanakan pada tanggal 19 – 22 Agustus 2014.

Berbagai kegiatan yang dirancang secara terintergasi mencakup kegiatan Seminar Nasional, temu teknis, pameran dan demo teknologi. Pameran dan demo teknologi dilaksanakan pada tanggal 19 – 22 Agustus 2014. Seminar nasional diadakan pada hari Rabu tanggal 20 Agustus 2014 yang diikuti oleh para peneliti, penyuluh, pemangku kebijakan, mahasiswa, PPL dan petani. Bapak Kepala Badan Litbang Pertanian sebagai keynotespech dalam seminar tersebut. Temu teknis dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2014. Pameran dan demo teknologi menampilkan berbagai hasil inovasi pertanian seperti aquaponik, biourin, alsintan, teknologi inovasi padi seperti BWD, PUTS, PUTK, PUP, produk berupa benih padi, bibit sawit, karet, dan jeruk serta buah pepaya Madu dan Hawai, pisang barangan, pisang Nipah dan lain-lain. Visitor plot dan Kebun Bibit Induk (KBI) menampilkan berbagai macam tanaman seperti kacang kedelai, brokoli, pepaya, jagung, bawang merah, mentimun, dan di dalam KBI juga terdapat berbagai macam bibit sayuran seperti sawi, tomat, cabai, melon dan lain-lain.

Pekan agroinovasi ini disambut positif oleh berbagai kalangan. PPL, petani bahkan pelajar SD dan SMP antusias mengunjungi pameran dan demo teknologi. Para siswa pun aktif mencatat dan bertanya seputar produk-produk yang ditampilkan. Seminar nasional pun diikuti oleh berbagai pihak dari luar propinsi seperti peneliti dan perguruan tinggi. Temu teknis yang diselenggarakan juga memberi banyak ilmu kepada para penyuluh di Kalimantan Barat. Para siswa SD dan SMP banyak mendapatkan ilmu dari berkunjung di Pekan Agro Inovasi ini.