SEMINAR NASIONAL INOVASI TEKNOLOGI PERTANIAN DALAM RANGKA HUT BALITBANGTAN KE 40 TAHUN DI KALIMANTAN BARAT

Kategori Induk: Berita Dilihat: 1024

Dalam rangka memperingati HUT Balitbangtan yang ke 40 tahun, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) menyelenggarakan Seminar NasionalInovasi Teknologi SpesifikLokasiuntuk Wilayah Kalimantan bertempatdi BPTP Kalimantan Barat dengan temaAgroinovasi Kreativitas Tiada Henti untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Petani”.

 

Seminar Nasional di hadiri oleh para Peneliti,  Penyuluh, Akademisi, Birokrat, Pebisnis dan Petani yang mewakili 33 Proipinsi di Indonesia dengan jumlah peserta 250 orang.

Dalam sambutannya Bapak Kepala Balitbangtan Dr.Haryono memberikan arahan dan mengharapkan agar Indonesia saat ini sudah seharusnya memasuki fase innovation driven seperti negara – negara yang sudah maju misalnya Jepang, Indonesia saat ini baru mencapai fase efficiency driven sedangkan fase factor driven sudah lama kita tinggalkan. Untuk mensejahterakan masyarakat dan petani maka mau tidak mau kita  harus segera memulainya menujufase innovation driven dengan mengutamakan pembangunan infra struktur dan menciptakan inovasi – inovasi baru.

Pembicara utama dalam Seminar Nasional ini adalah Prof. Dr. Muhammad Arifin, yang mengupas tentang Kawasan Pertanian Bio Industri, Prof. Dr. Darman M. Arsyad tentang perbenihan menudukung swasembada pangan, Dr. Trip Alihamsyah membahas tentang potensi lahan rawa mendukung swasembada pangan, Drs. SyahrulBustaman, MSc. membahas tentang kelembagaan petani di pedesaan, dan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Tanjung Pura Pontianak serta, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Panca Bhakti Pontianak yang masing – masing membahas tentang peranan Perguruan Tinggi dalam menciptakan Inovasi Teknologi Pertanian mendukung pembangunan pertanian kedepan. Dalam Seminar kali ini disamping beberapa makalah oral juga dilakukan sidang makalah poster.