Koordinasi Kegiatan BPTP Kalbar Tahun 2014 di Kabupaten Melawi

Kategori Induk: Berita Ditulis oleh admin1 Dilihat: 956

Kegiatan BPTP Kalbar di tahun 2013 di Kab. Melawi telah berakhir dengan catatan positif dengan diadaposinya berbagai teknologi yang telah didiseminasikan. Dari hasil kegiatan SLPTT yakni uji adaptasi Varietas Unggul Baru telah didapatkan Varietas Inpari 10 memiliki  provitas sebesar 5,28 ton/ha, Cibogo provitasnya adalah 5,83 ton/ha dan Situbagendit sebesar 4,9 ton/ha. Hasil ini telah mampu melampaui provitas rata-rata padi di Melawi sebesar 3 ton/ha. Namun demikian berdasarkan ketahanan terhadap serangan penyakit Blas dan Hawar Daun Bakteri serta hama lainnya dapat disimpulkan varietas Inpari 10 yang paling cocok di Melawi yang memiliki agroekosistem sawah tadah hujan. Sekarang ini Varietas Inpari 10 sudah mulai dikenal dan ditanam petani terutama disekitar demlot uji VUB yang secara bertahap akan menggantikan Var. Ciherang yang masih banyak ditanam petani. Teknologi PTT lain yang sudah ditiru oleh petani adalah penerapan jajar legowo 4:1, meskipun sementara ini petani tidak menggunakan jarwo 4:1 tetapi jarwo 6:1. Mereka telah mengakui bahwa Jarwo akan mampu meningkatkan provitas padi karena efek tanaman pinggir dan mampu mengurangi serangan tikus karena kebanyakan daerah sekitarnya merupakan tanaman kelapa sawit dan karet. Sedangkan kegiatan MKRPL juga telah berkembang yang diharapkan memacu desa lainnya untuk membuat kegiatan yang sama dengan dukungan Dinas terkait. Kegiatan MKRPL ini bahkan telah didukung Ibu Bupati dan Ibu Wakil Bupati yang turun tangan secara langsung membina warga.

Catatan positif di tahun 2013 tersebut akan diteruskan BPTP Kalbar untuk tahun 2014 dengan berbagai kegiatan. Langkah awal yang dilakukan adalah mengadakan pertemuan Koordinasi dengan Dinas Pertanian, Perikanan, dan peternakan Melawi serata Kantor pelaksana penyuluh pertanian, kehutanan, dan ketahanan pangan Melawi. Kegiatan ini dilaksanakan di kantor Distan Melawi pada tanggal 25 Februari 2014 yang diikuti oleh Kepala Distankanak dan Kepala KP4K2P beserta Kabid-Kabid, dan dari BPTP yang dihadiri Kepala Balai Ir. Jiyanto, MM beserta staff. Pertemuan diawali sambutan dari Kadistan dan Kepala  KP4K2P, dilanjutkan oleh pemaparan rencana kegiatan BPTP Kalbar di Tahun 2014. Berdasarkan pemaparan Kabalai bahwa kegiatan BPTP meliputi  Uji Adaptasi VUB sebanyak 1 unit seluas 1 Ha, Pengembangan Kegiatan MKRPL di dua lokasi terdahulu, serta kegiatan baru yakni pewilayahan komoditas pertanian berdasarkan Zona Agroekosistem. Selain itu dijelaskan juga mengenai pemanfaatan Kalender Tanam Terpadu serta Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) BPTP kalbar yang siap mensuport kegiatan SLPTT Dinas.

Berbagai tanggapan dan masukan disampaikan peserta pertemuan untuk kemajuan kegiatan BPTP Kalbar di Melawi dalam suasana yang kompak dan akrab. Semuanya bersepakat untuk mensukseskan kegiatan BPTP Kalbar Tahun 2014 di Melawi.