Koordinasi dan Sosialisasi Kegiatan BPTP Kalbar Tahun 2014 Di Kabupaten Ketapang

Kategori Induk: Berita Ditulis oleh admin1 Dilihat: 1334

Pertemuan Koordinasi dan Sosialisasi Kegiatan BPTP Kalbar tahun 2014 di Kabupaten Ketapang dilaksanakan pada tanggal 11 Februari 2014 di ruang pertemuan Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Ketapang. Acara pertemuan yang dihadiri oleh Kepala BPP dan Mantri Tani se-Kabupaten Ketapang ini dibuka oleh Bapak Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Ketapang.

Pada kesempatan ini, Bapak Ir. Jiyanto, MM selaku Kepala BPTP Kalbar menyampaikan program-program Kementerian Pertanian serta dukungan BPTP Kalbar dalam mendukung terwujudnya Surplus Beras 10 juta ton. Upaya tersebut dilakukan melalui pendampingan program PTT padi yang menitikberatkan pada penggunaan varietas unggul baru (VUB) serta sistem tanam jajar legowo.

Dalam acara koordinasi dan sosialisasi ini disampaikan pula hasil-hasil kegiatan BPTP Kalbar di Kabupaten Ketapang sejak tahun 2012 hingga 2013 yang meliputi pendampingan SL-PTT, M-KRPL, serta kegiatan pengkajian percepatan adopsi teknologi Badan Litbang Pertanian. Sedangkan pada tahun 2014, rencana kegiatan BPTP Kalbar di Kabupaten Ketapang adalah Pendampingan Program PTT Padi, Jagung dan Kedelai yang meliputi Display/Uji Adaptasi VUB Padi seluas 1 Ha, Demfarm VUB Padi seluas 2 Ha, dan Display/Uji Adaptasi Jagung seluas 2,5 Ha. Selain kegiatan pendampingan tersebut,  di Kabupaten Ketapang tahun 2014 ini BPTP Kalbar juga akan melaksanakan kegiatan M-KRPL di dua lokasi serta melaksanakan inventarisasi plasma nutfah tanaman.

Dalam acara ini, Kepala BPTP Kalbar menyerahkan Laporan Kegiatan Pendampingan SL-PTT di Kabupaten Ketapang dan Laporan Kegiatan M-KRPL di Kabupaten Ketapang Tahun 2013 kepada Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Ketapang. Setelah acara pertemuan koordinasi dan sosialisasi ini selesai, Tim dari BPTP Kalbar melanjutkan kegiatan dengan survey lokasi untuk kegiatan Pendampingan Program PTT Padi, Jagung dan Kedelai tahun 2014 sesuai dengan rekomendasi dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Ketapang.