JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Koordinasi dan sinkronisasi BPTP Kalbar dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kayong Utara

Dalam rangka mengawali kegiatan tahun 2014 di Kabupaten Kayong Utara, BPTP Kalbar melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan stakeholders terkait. Pelaksanaan pertemuan koordinasi tersebut di ruang rapat Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kayong Utara, pada tanggal 12 Februari 2014. Pertemuan dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (diwakili Kabid Produksi) serta Kepala Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan beserta kepala bidang masing-masing.

 

Pada pertemuan itu, Kepala BPTP Kalbar (Bapak Ir. Jiyanto, MM.) menyampaikan keragaan kegiatan Tahun 2013 di Kabupaten Kayong Utara yaitu Pendampingan PTT dan Pendampingan M-KRPL. Hasil uji adaptasi varietas unggul baru (VUB) padi  tahun 2013 dilakukan di dua lokasi yaitu, Desa Sedahan Jaya dengan topografi  irigasi, varietas yang diujiadaptasikan antara lain; 1) CIBOGO dengan provitas 7 t/ha, 2) SITU BAGENDIT  dengan provitas 7,6 t/ha, dan  3) CIHERANG dengan provitas 10 t/ha. Sedangkan varietas unggul baru yang diujiadaptasi di Desa Benawai Agung Kec. Sukadana dengan topografi tadah hujan antara lain; 1) SITU BAGENDIT dengan provitas  9,1 t/ha, 2) INPARI-6  dengan provitas 7,6 t/h, dan 3) CIBOGO menghasilkan 7 t/ha.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPTP Kalbar juga memaparkan rencana aksi kegiatan Tahun 2014 yang akan dilakukan di Kabupaten Kayong Utara yaitu Pendampingan PTT padi dan kedelai, Pendampingan KRPL dan PSDSK. Dari hasil koordinasi disepakati bahwa untuk mendiseminasikan varietas unggul baru (VUB) padi di tingkat petani diperlukan integrasi kegiatan BPTP dengan PEMDA khususnya Dinas Pertanian dan Peternakan, serta Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kayong Utara. Kegiatan yang akan dilakukan adalah denfarm Varietas Unggul Baru (VUB) padi di Desa Sutera Kecamatan Sukadana dengan topografi irigasi setengah teknis. Varietas yang akan diujiadaptasikan antara lain; INPARI-10 dan INPARI 16. Dalam kesepakatan tersebut, BPTP mempunyai tugas penyedia benih unggul baru bersertifikat, sedangkan Dinas Pertanian Dan Peternakan menyediakan pupuk dan obat-obatan. Kegiatan denfram VUB padi ini rencananya diakhiri dengan temu lapang yang mengundang instansi terkait di lingkup Kabupaten Kayong Utara dan Provinsi Kalimantan Barat, sedangkan kegiatan Temu Lapang akan dibiayai oleh Badan Penyuluhan Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kayong Utara. Denfarm yang direncanakan di Desa Sutera Kecamatan Sukadana, seluas ± 5 hektar, akan dilakukan pada musim tanam Gadu 2014.