JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Launching M-KRPL Sintang dan Penyerahan Hadiah Untuk Pekarangan Terbaik

BP4K2 Kab. Sintang bekerjasama dengan BPTP Kalimantan Barat pada tanggal 12 September 2013 mengadakan acara Launching Model Kawasan Rumah Pangan Lestari di Desa Baning Panjang Kec. Kelam Permai Kab. Sintang. Acara launching program MKRPL ini dihadiri oleh Tim BPTP Kalimantan Barat, Bupati Kab. Sintang, Ketua Penggerak PKK Kab. Sintang, Kepala BP4K2 Kab. Sintang, Perwakilan Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kab. Sintang, Camat Kelam Permai, Kepala Desa Baning Panjang dan Ibu-Ibu Kelompok Wanita Tani Desa Baning Panjang serta masyarakat sekitar.

 

Acara Launching diawali dengan dengan pemanenan hasil pekarangan oleh Bapak Bupati Kab. Sintang dan Istri selaku Ketua penggerak PKK Kab. Sintang secara simbolis. Selanjutnya dilakukan pemaparan program oleh PPL Desa Baning Panjang, Russriwati dan John David Haloho selaku LO BPTP Kaliamantan Barat untuk Kab. Sintang. Dalam pemaparan program ini dijelaskan bahwa pada awalnya program MKRPL di Desa Baning Panjang ini hanya di ikuti oleh 4 KWT. Pada perjalanannya, banyak warga yang melihat manfaat dari program MKRPL ini kemudian dengan sukarela dan biaya sendiri ikut memberdayakan pekarangan mereka dengan bantuan bibit dari Kebun Bibit Desa Baning Panjang. Pada akhirnya sebanyak 9 KWT dengan lebih dari 100 keluarga ikut serta dalam program MKRPL ini.

Acara launching dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala BP4K2 Kab. Sintang. Dalam sambutannya beliau berpesan agar Ibu-ibu bisa memanfaatkan pekarangan rumah yang ada untuk membantu perekonomian keluarga dan membantu pemenuhan gizi keluarga. Beliau melanjutkan bahwa Indonesia dianugerahi Tuhan Yang Maha Esa dengan kesuburan tanah yang luar biasa sehingga akan mubadzir bila tidak dimanfaatkan dengan baik.

Setelah sambutan dari Kepala BK4K2, acara dilanjutkan dengan arahan dari Bapak Milton Crosby selaku Bupati Kab. Sintang. Dalam arahannya beliau menyambut baik program MKRPL ini. Beliau mengharapkan MKRPL di Desa Baning Panjang akan bisa menjadi pioner untuk program serupa di desa-desa yang lain di Kab. Sintang. Dengan semakin banyaknya desa-desa yang mengadopsi program MKRPL, beliau berharap pemenuhan gizi di Kab. Sintang bisa segera dilaksanakan karena beliau merasa prihatin dengan pemenuhan gizi anak-anak di Kab. Sintang. Beliau merasa prihatin karena anak-anak sekarang lebih suka jajanan yang banyak mengandung zat kimia buatan. Dengan pemanfaatan pekarangan rumah tangga, diharapkan Ibu-ibu bisa menyeimbangkan gizi keluarga tanpa harus memberatkan anggaran rumah tangga.

Acara launching ditutup dengan penyerahan hadiah kepada peserta lomba pemanfaatan pekarangan rumah tangga dalam rangka mendukung program MKRPL. Juga diumumkan bahwa berkat keberhasilan program MKRPL di Desa Baning Panjang, Russriwati sebagai PPL Desa Baning Panjang berhasil memenangkan penghargaan ADIKARYA dan menjadi penyuluh terbaik bidang ketahanan pangan yang berhak mewakili Provinsi Kalimantan Barat ke tingkat pusat.