JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Launching Kegiatan MKRPL Kabupaten Melawi di Landau Garong

Telah dilaksanakan launching Kegiatan MKRPL Kabupaten Melawi di Desa Landau Garong Kecamatan Pinoh Selatan Oleh Ibu Astri (Istri Wakil Bupati Melawi) pada hari Minggu tanggal  25 Agustus 2013. Kegiatan ini berkaitan dengan acara Halal Bihalal warga yang dihadiri sejumlah pejabat Pemda dan sejumlah anggota DPRD Melawi bertempat di Lapangan SDN Landau Garong. Dalam sambutannya, Ibu Astri menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang berperan dalam kegiatan ini terutama BPTP Kalbar yang telah membimbing Anggota KWT Intan Permai. Menurut beliau kegiatan ini akan membantu ibu-ibu untuk menghemat anggaran belanja rumah tangga dan menggunakannya untuk keperluan biaya pendidikan anak anak. Selain di Desa landau Garong, kegiatan MKRPL Kabupaten Melawi juga diselenggarakan di Desa Tanjung Lay Kecamatan Nanga Pinoh.s

Desa Landau Garong terletak di daerah perbukitan satu jam perjalanan dari Nanga Pinoh Ibukota Kabupaten melawi. Desa ini terpilih menjadi salah satu peserta Kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) karena memenangi lomba Desa di Kalimantan Barat. Namun demikian desa yang mayoritas penduduknya bekerja menyadap karet itu  masih bergantung ke mamang penjual sayur untuk memenuhi kebutuhan sayuran. Hanya beberapa jenis tanaman yang mereka tanam yakni daun ubi yang nampak tumbuh subur di pekarangan warga. Sebelum ini warga mengaku pernah mencoba menanam beberapa jenis sayuran, namun selalu tidak berhasil karena terserang penyakit dan masalah kesuburan tanah.

Melalui kegiatan MKRPL ini mereka telah diajari memanfaatkan lahan di pekarangan  menggunakan polibag dan rak-rak vertikultur. Mereka diajari membuat media tanam yang terdiri dari perpaduan tanah, pupuk kandang, dan tanah bakar, cara menyemai, membuat kompos, dan pestisida nabati. Alhamdulillah kini sayuran dapat tumbuh subur di Landau Garong. Kebun Bibit Desa sebagai sumber bibit beserta lahan disekitarnya telah ditanami berbagai tanaman yang hasilnya digunakan untuk menambah penghasilan dan menguatkan kelembagaan KWT Intan Permai Desa Landau Garong.