JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Panen Raya Padi Vub Oleh Wakil Bupati di Desa Sedahan Jaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara

 dPanen raya demplot VUB dalam mendukung SLPTT di Kabupaten Kayong Utara dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 10 Juli 2013 di Desa Sedahan Jaya, kecamatan Sukadana, kabupaten Kayong Utara yang dilakukan oleh Wakil Bupati Kayong Utara Bapak Idrus, Kabid Produksi TPH Distan TPH Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kayong Utara, Kepala Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kab. Kayong Utara, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Barat dan jajaran pemerintahan Kabupaten Kayong Utara lainnya.

 

VUB yang dipanen antara lain Cibogo, Ciherang dan Situ Bagendit. Menurut Ketua kelompok tani Begasing Jaya, Bapak Jamli sekaligus petani kooperator  bahwa hasil panen kali ini sangat jauh lebih baik daripada panen sebelumnya yang rata-rata hanya 3,7-4 ton\Ha, dengan adanya  pendampingan dan pengawalan teknologi SLPTT dari BPTP  bekerjasama dengan  PPL setempat bisa meningkatkan produktivitas yang cukup nyata seperti varietas Cibogo 7 ton/ha, Situ Bagendit 9,3 ton/ha dan Ciherang 10,2 ton/ha. Sedangkan  Inpari-10 yang ditanam di Desa Sutera Kecamatan Sukadana dengan produktivitas 9,1 ton/ha.

qKedatangan rombongan wakil bupati Kayong Utara disambut dengan tarian adat setempat kemudian dilanjutkan dengan panen secara simbolis oleh wakil bupati, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kayong Utara, Kepala Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan, Kepala BPTP Kalimantan Barat serta pejabat lainnya. Setelah acara panen raya, dilanjutkan temu lapang dan diskusi. Dalam sambutannya, Bapak Wakil Bupati KKU menjelaskan bahwa Kabupaten Kayong Utara perlu meningkatkan produktivitas pertanian khususnya padi melalui penggunaan varietas unggul baru (VUB). Untuk itu diperlukan pendampingan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian khususnya dari BPTP sebagai perpanjangan tangan di tingkat daerah. Dalam kesempatan yang sama disampaikan juga oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Kayong Utara bahwa lahan pertanian di Kabupaten Kayong Utara dari tahun ke tahun mengalami penurunan karena terjadi alih fungsi lahan. Kondisi seperti ini harus menjadi perhatian semua pihak sehingga program surplus beras 10 juta ton tahun 2014 dapat tercapai.

Kepala BPTP Kalimantan Barat menjelaskan bahwa program SLPTT Padi diharapkan dapat membantu petani dalam meningkatkan usahatani padi dengan  mengadopsi VUB padi yang spesifik lokasi dan mempunyai potensi produksi tinggi seperti varietas Ciherang, INPARI-10, dan Situ Bagendit yang kemampuan produksi dari hasil ujiadaptasi varietas yang telah dilakukan di Kecamatan Sukadana dua tahun terakhir ini menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Kepala BPTP merekomendasikan dalam usaha peningkatan produktivitas padi antara lain dengan cara penggunaan VUB berserfitikat, tanam jajar legowo, pemupukan berimbang, dan pengendalian hama penyakit terpadu (konsep PHT). Penggantian varietas perlu dilakukan karena memiliki banyak manfaat diantaranya provitas yang lebih tinggi.

Dalam sesi diskusi, para petani mengusulkan adanya perbaikan pada saluran irigasi, jaminan harga gabah/beras yang berpihak pada petani, dan ketersediaan benih VUB yang berpotensi produksi tinggi. Dalam diskusi tersebut petani juga berharap agar peran BPTP makin ditingkatkan dengan memberikan bimbingan melalui pendampingan uji adaptasi VUB padi (Tiwi).