JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

PENDAMPINGAN MODEL KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI DI DESA AGAK, KECAMATAN SEBANGKI, KABUPATEN LANDAK

Mengawali pelaksanaan MKRPL Kabupaten landak dilakukan sosialisasi baik melalui BP3K Kabupaten dan Kabid ketahanan pangan di Sekda Pemkab Landak sebagai acuan penentuan lokasi yang tentunya bersinergis dengan KRPL di Kabupaten.  Hasil koordinasi terpilihlah Desa Agak, Kecamatan Sebangki sebagai salah satu lokasi pelaksanaan pada tahun 2013, meskipun tergolong jarak yang jauh dari Kabupaten maupun propinsi Kalbar namun semangat KRPL di desa ini sangat memberikan kesan keberhasilan yang cukup tinggi terbukti dengan sosialisasi di tingkat desa yang dilakukan oleh Tim MKRPL Kabupaten Landak yang dihadiri oleh Camat, Kepala BP3K Kec. Sebangki pengurus dan anggota KWT “Balakng Sejati” maupun wanita tani lainnya yang tidak termasuk anggota KWT yang berkomitmen melaksanakan program KRPL.

 

Kegiatan MKRPL yang dilakukan di Desa Agak, Kecamatan Sebangki meliputi : a). Kemandirian pangan rumah tangga, b). Kebun bibit desa, c). Diversifikasi pangan dan, d). Konservasi tanaman lokal. Sasaran yang ingin dicapai dari Model KRPL adalah berkembangnya kemampuan keluarga dan masyarakat secara ekonomi dan sosial dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi secara lestari, menuju keluarga dan masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

 

 


Pendampingan MKRPL di Desa Agak, Kecamatan Sebangki diawali dengan pembuatan Kebun Bibit Desa yang berukuran 4 m x 6 m dengan penempatan RAK-RAK persemaian dan polybag persemaian di dalam rumah KBD. Selain itu juga dilakukan pelatihan-pelatihan seperti pembuatan Media Tanam dan Pengomposan bahan-bahan organik yang tersedia di lapangan seperti kotoran sapi dan sekam yang dikomposkan dengan EM4 sebagai bahan media tanam dan pupuk organik. Terlihat semangat kebersamaan dan keingintahuan peserta sangat tinggi di dalam mengikuti pelatihan ini yang tentunya merupakan langkah awal motivasi di dalam pelaksanaan MKRPL di KWT “Balakng Sejati”.

Penyemaian perdana benih sayuran cabe, terong, sawi dan seledri di KBD “KWT Balakng Sejati” di Desa Agak, Kecamatan Sebangki dilakukan bersama-sama Bapak Y.F. Surifin selaku Camat Sebangki, Kepala BP3K dan Penyuluh Lapang Kecamatan Sebangki, LO MKRPL Kabupaten Landak, Kepala Dusun, Pengurus dan anggota KWT serta masyarakat lainnya sebagai pertanda diawalinya pelaksanaan MKRPL di Kabupaten Landak.  (Tyk).