Integrasi Kegiatan M-KRPL BPTP Kalimantan Barat Dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kayong Utara

Kategori Induk: Berita Ditulis oleh admin1 Dilihat: 1596

Sukadana, 5 Juni 2013 - BPTP Kalimantan Barat menerima bantuan bibit ikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kab.Kayong Utara untuk diserahkan kepada Kelompok PKK Dusun Sidorejo dan Dusun Sawah, Desa Sedahan Jaya, Kec. Sukadana KKU sebagai basis lokasi kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari BPTP Kalbar 2013. Bibit ikan yang diserahkan di tahap pertama  berupa 5000 ekor bibit ikan Mas, 1000 ekor bibit ikan Nila dan 100 ekor bibit ikan Gurami.

 

Penyerahan bibit ikan tersebut dilaksanakan di halaman kantor BBI Sukadana Kab. Kayong Utara yang diserahkan langsung oleh Kepala Bidang Budidaya Perikanan Pak Muhammad, SPd kepada LO MKRPL Kabupaten Kayong Utara ( Panut, S.ST)  yang disaksikan oleh perwakilan warga Dusun Sidorejo dan Dusun Sawah, Desa Sedahan Jaya Kec. Sukadana. Bibit ikan selanjutnya langsung dibawa ke lokasi kegiatan M-KRPL  untuk dibagikan kepada anggota Kelompok PKK Sri Mulyo Dusun Sidorejo yang diwakili  ibu Kadus (Hamisah). Pembagian jumlah ikan ke petani  disesuaikan dengan kondisi kolam petani.

Integrasi kegiatan seperti ini  sangat diperlukan sebagai upaya   mendukung  pemenuhan gizi keluarga yang menjadi salah satu tujuan kegiatan M-KRPL yang  dilakukan Litbang Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Kalimantan Barat. Kegiatan M-KRPL di Kabupaten Kayong Utara selain berintegrasi dengan kegiatan  DKP tidak terlepas juga Dinas Pertanian dan Peternakan serta Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan. Integrasi  berupa bantuan bahan penolong lainnya berupa hand sprayer dan mesin pompa air yang bermanfaat untuk menyiram tanaman di Kebun Usaha Kelompok. Integrasi kegiatan lintas sektoral bertujuan antara lain untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga serta masyarakat melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan secara lestari. Masih terkait dengan upaya pemenuhan kebutuhan pangan dan peningkatan gizi keluarga, diharapkan warga juga mampu mengembangkan populasi ikan untuk mencapai tingkat produksi, setidaknya untuk memenuhi kebutuhan akan sumber protein hewani ditingkat keluarga.