PELATIHAN INOVASI TEKNOLOGI MENDUKUNG PENDAMPINGAN PROGRAM SL-PTT DI KABUPATEN SEKADAU

Kategori Induk: Berita Ditulis oleh admin1 Dilihat: 1320

Dalam rangka mendukung pelaksanaan program SL-PTT di Kabupaten Sekadau, BPTP Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan Pelatihan Inovasi Teknologi (14/5) yang dihadiri oleh para Penyuluh Pertanian, Mantri Tani dan Pengelola BPTP Se-Kabupaten Sekadau.

Acara ini dilaksanakan di aula serbaguna kantor bupati Sekadau, dan terselenggara berkat kerjasama antara BPTP Kalimantan Barat, Dinas Petanian Perikanan dan Peternakan, serta Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kab. Sekadau.

 

Sebanyak 40 orang peserta yang hadir manyimak dengan serius materi yang disampaikan oleh para nara sumber. Materi pertama mengenai Kebijakan Pelaksanaan SL-PTT di Kabupaten Sekadau yang disampaikan oleh Bapak Yohanes Komoi, Kabid Tanaman Pangan Dinas Petanian Perikanan dan Peternakan. Materi kedua mengenai Dukungan SDM Dalam Pelaksanaan SL-PTT di Kab. Sekadau yang disampaikan oleh Bapak Basuki, Kabid Ketahanan pangan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan.

Materi berikutnya adalah materi utama yang disampaikan oleh nara sumber dari BPTP Kalbar. Diantaranya, mengenai Teknologi Budidaya Padi dengan Pendekatan PTT, Kalender Tanam Dinamik Terpadu, dan Masalah Lapang Hama dan Penyakit Tanaman Padi, yang masing-masing disampaikan oleh Sution, Dina Omayani dan Abdullah Umar.

Secara keseluruhan kegiatan pelatihan inovasi teknologi berjalan dengan lancar, dan mengundang komentar positif khususnya dari pemangku kebijakan di Kabupaten Sekadau.

“Kami berterima kasih kepada BPTP Kalimantan Barat yang telah melaksanakan kegiatan pendampingan SL-PTT dan memberikan pelatihan inovasi teknologi bagi petugas lapangan, semoga dapat bermanfaat dalam mendukung peningkatan produktivitas tanaman pangan khususnya di Kabupaten Sekadau”, demikian disampaikan oleh Bapak Yohanes Komoi dalam sambutannya.

Bapak Suryadi, PPL Desa Timpuk secara pribadi menyampaikan, “Setelah kegiatan ini kami sangat mengharapkan adanya dukungan teknologi budidaya maupun pengelolaan hama penyakit yang dapat menunjang peningkatan produktivitas padi di Desa Timpuk yang merupakan salah satu sentra pertanaman padi di Kabupaten Sekadau”.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada para petugas dari Dinas Petanian Perikanan dan Peternakan, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan, serta tim BPTP Kalimantan Barat yang telah bekerja keras demi terselenggaranya kegiatan pelatihan inovasi teknologi di Kabupaten Sekadau.  (au)