PAMERAN INOVASI TEKNOLOGI BPTP KALBAR DALAM RANGKA NAIK DANGO DI DESA SAHAM KEC. SENGAH TEMILA KAB. LANDAK

Kategori Induk: Berita Dilihat: 1597

Adil Ka’Talino, Bacuramin Ka’ Saruga, Basengat Ka’ Jubata…. Arus..Arus…Arus… itulah ucapan pembuka dan penutup di segala rangkaian sambutan oleh para pemangku kebijakan dan penguasa wilayah yang disampaikan dalam rangka acara Naik Dango ke-28, berpusat di Rumah Betang Desa Saham Kec. Sengah Temila Kab. Landak. Acara dibuka oleh Gubernur Kalimantan Barat (Cornelis) dan dihadiri oleh  Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Hari Untoro Drajat).

Hadir pula Bupati Landak (Adrianus Asia Sidot) beserta jajaran SKPD provinsi maupun kabupaten, juga Perwakilan Dinas/Instansi Lingkup Kementerian Pertanian seperti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalbar (Ir. Revi Marsusi), Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (Banketpanluh) Prop. Kalbar,  dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Prop. Kalbar. Selain itu, turut hadir Tokoh Nasional Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Oesman Sapta Odang yang terkenal dengan sebutan “OSO” dan anggota DPR RI Karolin Margareth Natasha.

 

Acara berlangsung dari Tanggal 13-15 Mei 2013, tetapi puncak acara pada Tanggal 14 Mei 2013.  Naik Dango merupakan salah satu budaya adat tahunan suku dayak Kanayatn dari tiga kabupaten yaitu Kab. Kubu Raya, Pontianak dan Kab. Landak yang dilaksanakan setahun sekali. Melalui acara ini, masyarakat mengungkapkan rasa syukur mereka kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen padi yang mereka peroleh.  Selain pesta wisata dan budaya adat naik dango yang diisi dengan pertunjukan kesenian, lomba permainan tradisional, lomba kesenian daerah (aneka tarian dayak), diadakan pula pameran, seminar kebudayaan dan pasar rakyat. BPTP sebagai salah satu UPT Pusat Kementerian Pertanian, turut serta dalam memeriahkan acara naik dango ini melalui kegiatan pameran.

Pameran inovasi teknologi di stand BPTP Kalbar menampilkan backdrop M-KRPL dan SL-PTT, berbagai macam judul Leaflet dan berbagai macam Varietas Unggul Baru (VUB) tanaman Padi. Animo pengunjung (masyarakat) di stand BPTP Kalbar tergambar dalam kunjungan dan pengajuan pertanyaan-pertanyaan seputar teknologi yang dihasilkan Badan Litbang melalui BPTP Kalbar. Pengunjung semakin ramai ketika Tim pameran BPTP Kalbar melakukan pemutaran film-film penyuluhan melalui media elektronik. Meskipun hujan mengguyur dan malam semakin dingin, namun tidak menyurutkan pengunjung untuk terus berada di stand BPTP sambil menonton film penyuluhan yang disajikan.

Atensi pengunjung lebih fokus pada budidaya Padi menggunakan varietas unggul, dengan sistem tanam Jajar Legowonya. Ternyata….Geliat  rasa keingintahuan masyarakat tentang inovasi  teknologi sangat terasa pula di daerah, semisal Desa Saham Kec. Sengah Temila Kab. Landak. Kunjungan Masyarakat yang berduyun-duyun ke stand pameran BPTP Kalbar di tengah guyuran hujan di malam hari, menjadi bukti betapa teknologi Badan Litbang selalu dinanti oleh para pelaku utama (petani dan keluarganya). Semoga kiprah BPTP Kalbar tidak hanya sebatas pada pameran saja, tetapi lebih kepada action nyata dan mumpuni, demi kemajuan pembangunan pertanian di Kalimantan Barat.