TANAM GADU PERDANA DI DESA SUNGAI KUNYIT KABUPATEN SEKADAU

Kategori Induk: Berita Dilihat: 1924

tanam gadu perdana desa sui kunyit kab sekadauPara anggota Kelompok Tani Maju Lestari di Desa Sui Kunyit Kecamatan Sekadau Hilir Kab. Sekadau, mengawali era penanaman padi musim gadu di wilayahnya untuk yang pertama kali (13/5). Sebelum ini, musim tanam padi di Sekadau Hilir khususnya di Desa Sui Kunyit hanya berlangsung satu kali dalam setahun, yaitu pada musim penghujan. Namun mulai musim tanam 2013 ini, dengan diinisiasi oleh pendampingan program SL-PTT Padi yang laksanakan BPTP Kalimantan Barat, anggota kelompok tani termotivasi untuk melakukan tanam padi di musim gadu. Dengan total hamparan yang ditanam mencapai 5 Hektar, luasan yang cukup signifikan untuk kegiatan tanam perdana.

 

Salah satu pengurus kelompok tani, Bapak Lomon menuturkan : “para anggota kelompok sejak lama ingin merasakan bisa menanam padi di musim gadu, baru sekarang ini bisa terlaksana, semoga hasilnya memuaskan dan dapat memotivasi petani di kemudian hari”.

Desa Sui Kunyit memang menjadi salah satu dari dua lokasi pendampingan program SL-PTT di Kabupaten Sekadau, yang dilaksanakan BPTP Kalimantan Barat. Dipilih karena terletak di lokasi yang strategis, sehingga akan memudahkan proses diseminasi dan alih teknologi kedepannya.

tanam gadu perdana desa sui kunyit kab sekadau

Sebelum pelaksanaan penanaman, telah dilakukan beberapa kali kegiatan sosialisasi yang bertujuan untuk pemantapan, memotivasi, dan memberi bekal pengetahuan teknis untuk menghadapi peluang dan tantangan bertanam padi di musim gadu.

Beberapa teknologi anjuran yang telah dan akan diterapkan untuk mendukung penanaman padi di musim gadu ini, diantaranya : penggunaan VUB (Situ Bagendit, Cibogo dan Inpari 10), sistem tanam jajar legowo 4:1, pemupukan berdasarkan analisa PUTS, pengolahan tanah (minimum), umur bibit 18 HSS, dan tanam bibit 1-3 batang per lubang.

Ada kejadian yang tak terduga saat penanaman padi berlangsung. Saat para anggota kelompok yang mayoritas ibu-ibu itu sedang asyik menanam, tiba-tiba mereka dikejutkan dengan kedatangan Ibu Bupati Sekadau beserta rombongan yang turun menyapa mereka. Tanpa sungkan, Ibu Bupati mengajak para petani yang bermandikan lumpur sawah untuk foto bersama.

tanam gadu perdana desa sui kunyit kab sekadau

Menurut Bapak Fuji, PPL Desa Sui Kunyit yang saat itu ikut mendampingi, Ibu Bupati memang kerap melakukan kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat petani yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada mereka. (au)