JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Pelatihan Inovasi Teknologi Mendukung SLPTT di Kabupaten Sintang

Sebagai instansi pendamping kegiatan SLPTT, salah satu tugas BPTP Kalimantan Barat adalah selalu meningkatkan pengetahuan PPL di daerah. Untuk tujuan itu, bekerja sama dengan BP4KP Kab. Sintang, BPTP Kalimantan Barat melakukan Pelatihan Inovasi Teknologi di Kab. Sintang. Pelatihan ini dilaksanakan pada hari senin tanggal 13 Mei 2013 dan dihadiri oleh para coordinator penyuluh, mantra tani, penyuluh pertanian dan juga tenaga harian lepas penyuluh pertanian.

Acara dibuka oleh Ir. Suahidi selaku Kabid Ketahanan Pangan sebagai wakil dari Kepala BP4K2 Kab. Sintang. Beliau berharap pelatihan inovasi teknologi seperti ini terus berlanjut karena update pengetahuan dan teknologi harus terus dilakukan. Teknologi selalu berubah dengan cepat sehingga para penyuluh harus selalu mengupdate pengetahuannya tentang teknologi terbaru terutama teknologi yang ada hubungannya dengan tugas penyuluh.

Pada pelatihan kali ini materi yang diberikan adalah mengenai update terbaru dari kalender tanam. Spesialis kalender tanam di BPTP Kalbar, Dina Omayani Dewi, S.P., M.Sc. selaku penyampai materi tidak hanya memberikan teori mengenai penggunaan aplikasi kalender tanam untuk membantu PPL melakukan penyuluhan, tetapi juga langsung melakukan praktek dengan koneksi internet yang tersedia.

Materi selanjutnya adalah mengenai hama dan penyakit utama yang menyerang padi di Kalimantan Barat yang disampaikan oleh salah satu ahli HPT di BPPT Kalimantan Barat, Riki Warman, S.P. Dengan gayanya yang humoris, Riki Warman berhasil menghidupkan suasana pelatihan. Sebagai konsekuensinya, Riki Warman banyak dihujani pertanyaan oleh peserta pelatihan mengenai hama dan penyakit yang menyerang tanaman padi di wilayah para peserta.

Sebagai penutup, John David Haloho, S.T.P. selaku penanggung jawab program pendampingan SLPTT di Kab. Sintang meminta saran kepada peserta mengenai materi dan bentuk pelatihan edisi selanjutnya yang kemungkinan besar akan dilaksanakan pada tahun depan. Umpan balik dari peserta sangat beragam dan tentu akan menjadi masukan yang sangat berarti bagi tim BPTP untuk dapat menyelenggarakan pelatihan yang lebih baik tahun depan.