PELATIHAN INOVASI TEKNOLOGI PERTANIAN Dalam rangka PENDAMPINGAN PROGRAM SLPTT PADI DAN JAGUNG DI KAB KUBU RAYA

Kategori Induk: Berita Dilihat: 1909

Menurut Ditjen Tanaman Pangan (2012) sejak dimulainya program SLPTT tahun 2008 sampai dengan tahun 2011 telah terjadi peningkatan produksi padi rata-rata sebesar 2,78% dan jagung sebesar 2 %. Sedangkan menurut Direktorat budidaya Serealia (2012), produksi tanaman kedelai juga meningkat sebesar 1,22 %. Untuk itu upaya peningkatan produktivitas padi, jagung dan kedelai difokuskan kepada program SLPTT padi, jagung dan kedelai. Hal ini dilakukan juga untuk mendukung tercapainya sasaran produksi padi tahun 2013 sebesar 72,08 juta ton GKG, jagung 26 juta ton dan kedelai 2,25 juta ton (Kementerian Pertanian, 2011) maka program SLPTT padi, jagung dan kedelai tahun 2013 tetap dilanjutkan.

Di Kabupaten Kubu Raya pada tahun 2013,  program SL-PTT yaitu SLPTT padi, dan jagung yang terdiri dari SL-PTT padi pasang surut  Peningkatan IP 2.000 ha, SLPTT Padi sawah spesifik lokasi 1.000 ha, Demfarm padi hibrida 1.000  ha, SLPTT Padi sawah 3.000 ha, dan SL-PTT jagung hibrida1.000 unit yang tersebar di sembilan (9) Kecamatan di kabupaten Kubu Raya. Pendampingan yang dilakukan BPTP Kalimantan Barat  untuk kegiatan SLPTT di Kabupaten Kubu Raya adalah dengan melakukan (1) Pelatihan Inovasi Teknologi Pertanian (2) Uji adatasi Varietas Unggul Baru (VUB) Padi dan Jagung,dan  (3) Pertemuan Kelompok.

Kegiatan pelatihan Inovasi Teknologi Pertanian telah dilakukan pada tanggal 7 Mei 2013 di hotel Gardenia jalan Arteri Supadio Sungai Raya,Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Barat bekerja sama dengan Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Kubu Raya dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat. Materi yang diberikan dalam Pelatihan Inovasi Teknologi Pertanian adalah (1) Pendampingan Program Strategis Kementrian Pertanian, (2) Teknologi Pengelolaan Tanaman Padi Terpadu (PTT) Padi dan (3) Pengendalian hama dan penyakit tanaman padi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan penyuluh yang berkaitan dengan pengelolaan tanaman terpadu (PTT) padi dan Jagung.

Pelatihan Inovasi Teknologi pertanian ini diikuti oleh kurang lebih  90 orang PPL dari Sembilan (9) kecamatan yang ada di Kabupaten Kubu Raya. Acara ini dibuka oleh Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Kubu Raya, materi disampaikan oleh kepala BPTP Kalimantan Barat Ir. Jiyanto MM,Ir Tuti Sugiarti, dan Budi Abduchalek, SP. Pada akhir acara ditutup oleh Bupati Kubu Raya , Angota DPRD Komisi B, dan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya yang memberikan motivasi kepada para penyuluh yang hadir pada acara ini dan berjanji akan meningkatkan anggaran untuk kegiatan para penyuluh untuk pembuatan demplot disetiap BPP dan menambah pasilitas berupa kendaraan roda dua.