Asah Terampil PEDA IX Petani Nelayan Provinsi Kalimantan Barat

Kategori Induk: Berita Dilihat: 1834

Kegiatan Asah Terampil bagi para petani nelayan merupakan salah satu agenda acara untuk memeriahkan Pekan Daerah  (Peda) tingkat Provinsi Kalimantan Barat setiap kali dilaksanakan. Asah terampil pada Pekan Daerah (PEDA) IX Petani Nelayan Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2013 dilaksanakan di Kabupaten Bengkayang pada tanggal 1 Mei 2013. Fokus materi asah terampil kali ini adalah mengenai pengetahuan tentang kegiatan sekolah lapang pengelolaan tanaman terpadu (SL-PTT), SL-PHT, M-KRPL, PSDSK, perkebunan dan peternakan.Tujuan utama pelaksanaan kegiatan Asah Terampil adalah untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan petani tentang pelaksanaan kegiatan SL-PTT, SL-PHT, M-KRPL, PSDSK yang sudah berjalan sejak tahun 2008 di masing – masing kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat.

 

Kegiatan Asah Terampil bagi petani nelayan yang dilaksanakan di Kabupaten Bengkayang ini mendapat respon baik dari peserta PEDA dan masyarakat setempat, dimana lomba ini cukup meriah dan mendapat dukungan dari instansi pemerintah seperti Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Dinas Perkebunan, Dinas Peternakan, dan Dinas terkait lainnya serta sudah barang tentu dukungan dari BPTP Kalimantan Barat dan kerja panitia yang cukup baik. BPTP Kalimantan Barat pada kegiatan asah terampil ini ditunjuk sebagai Dewan Juri.Materi soal disiapkan oleh dewan juri dan teknis pelaksanaan dibantu oleh panitia Asah Terampil PEDA IX Petani Nelayan Provinsi Kalimantan Barat. Alhamdulillah pelaksanaan lomba berjalan lancar dan sukses. Hal ini berkat dukungan semua pihak terutama peserta Asah terampil dari masing masing kabupaten dengan penuh semangat dan kebersamaan para petani nelayan untuk mensukseskan kegiatan Asah Terampil dan Peda IX tahun 2013 di Kbupaten Bengkayang.

Asah terampil diikuti oleh 12 kabupaten/kota se-Provinsi Kalimantan Barat yang dibagi dalam tiga babak penyisihan dan final. para peserta lomba asah terampil ini murni diikuti oleh petani nelayan dari 12 Kabupaten peserta asah terampil. Dari jawaban yang diberikan oleh peserta baik pada babak penyisihan dan babak final tercermin bahwa pengetahuan dan praktek SL-PTT SL-PHT, M-KRPL, PSDSK dan pengetahuan lainnya tidak hanya diketahui oleh petugas, tetapi juga telah dimiliki dan dikuasai oleh petani di Kalimantan BaratKeluar sebagai juara I, II, dan III berturut-turut Kabupaten Pontianak, Kabupaten Sintang dan Kabupaten Bengkayang. Hadiah para pemenang diserahkan oleh Bapak Gubernur Kalimantan Barat  pada acara penutupan PEDA IX di Kantor Bupati Bengkayang.