JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Sosialisasi Program M-KRPL di Kab. Sintang

Sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Sintang, BPTP Kalimantan Barat, dengan didukung oleh BP4KKP Kab. Sintang,  mengadakan program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) di dua lokasi sebagai proyek percontohan. Lokasi pertama berada di Dusun Sungai Simpang Desa Sungai Ana Kec. Sintang, sedangkan lokasi kedua berada di Desa Baning Panjang Kec. Kelam Permai.

Model Kawasan Rumah Pangan Lestari adalah model percontohan dalam bentuk kawasan yang dibangun dari unit – unit rumah tangga yang menerapkan prinsip pemanfaatan pekarangan secara optimal, ramah lingkungan dan ditopang pula oleh maksimalisasi produktivitas lahan olah dan non-olah pertanian di dalam kawasan untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga, serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat berbasis partisipasi masyarakat.

Tahap pertama dari program M-KRPL ini adalah sosialisasi pelaksanaan program M-KRPL. Sosialisasi dilakukan masing-masing satu hari pada tiap lokasi. Hari pertama, tanggal 24 April 2013, sosialisasi dilakukan di Dusun Sungai Simpang. Sosialisasi ini dihadiri oleh Ibu-ibu Kelompok wanita tani di dusun tersebut. Antusiasme telihat jelas di wajah ibu-ibu yang hadir ketika Bapak Jhon David Haloho yang merupakan perwakilan dari BPTP sedang mensosialisakan program M-KRPL ini. Dalam pertemuan ini disepakati bahwa program M-KRPL akan dimulai sekitar 2 minggu lagi bila tidak ada kendala baik teknis maupun non teknis. Setelah sosialisasi tim BPTP melakukan survey PPH kepada ibu-ibu yang hadir. Kredit patut diberikan kepada PPL setempat yaitu Ibu Teresia yang berhasil mengkoordinir Ibu-Ibu KWT sehingga sosialisasi hari pertama ini bisa berjalan lancar.

Sosialisasi MKRPL di Dusun Sungai Simpang

Pada hari kedua, tanggal 25 April 2013, tim BPTP menuju Kec. Kelam Permai yang terkenal dengan objek wisatanya yaitu Bukit Kelam untuk melakukan sosialisasi lanjutan di Desa Baning Panjang. Bersama tim BPTP adalah PPL setempat yang bernama Ibu Sri. Hampir sama dengan di Dusun Sungai Simpang, sosialisasi kali ini juga di hadiri oleh Ibu-Ibu KWT yang ada di Desa Baning Panjang. Antusiasme yang tak kalah dengan Ibu-Ibu KWT dari Sungai Simpang juga di tunjukkan oleh Ibu-Ibu KWT di Desa Baning Panjang ketika sosialisasi berlangsung. Juga disepakati bahwa program M-KRPL ini akan dimulai sekitar dua minggu lagi bila tidak ada halangan. Setelahnya dilakukan survey PPH untuk mengetahui pola konsumsi pangan di Desa Baning Panjang.

Sosialisasi MKRPL di Desa Baning Panjang

Dengan selesainya sosialisasi M-KRPL dan survey PPH  di Desa Baning Panjang, berakhir pula perjalanan panjang tim BPTP Kalbar ke Kab. Sintang. Tentu tim BPTP Kalbar belum bisa bersantai dengan berakhirnya sosialisasi ini karena perjalanan-perjalanan panjang Pontianak-Sintang yang lain masih akan menanti tim BPTP Kalbar guna mengawal dan memastikan program M-KRPL ini berjalan dengan sukses di Kab. Sintang.