Rapat Koordinasi TNI-AD Mendukung Ketahanan Pangan di Provinsi Balimantan Barat

Kategori Induk: Berita Dilihat: 1592

Dalam Konfrensi Dewan Ketahanan Pangan di JICC Oktober 2010, Presiden RI menyatakan bahwa ketahanan dan kemandirian pangan nasional harus dimulai dari rumah tangga. Pemanfaatan lahan pekarangan untuk pengembangan pangan rumah tangga merupakan Kementerian Pertanian awal tahun 2011 menyusun suatu konsep yang disebut dengan “Model Kawasan Rumah Pangan Lestari” yang dibangun dari Rumah Pangan Lestari (RPL) dengan prinsip pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga, serta peningkatan pendapatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat salah satu alternatif untuk mewujudkan kemandirian pangan rumah tangga. Gerakan nasional Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) telah dilounching Presiden tanggal 13 Januari 2012 di Pacitan Jawa Timur untuk di replikasikan di tiap provinsi.

Prinsip dasar KRPL adalah 1) pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dan dirancang untuk ketahanan dan kemandirian pangan, 2) diversifikasi pangan berbasis sumberdaya lokal, 3) konservasi sumberdaya genetik pangan (tanaman, ternak, ikan), 4) menjaga kelestariannya melalui Kebun Bibit Desa (KBD) menuju 5) peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan prinsip dasar di atas, diharapkan Kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) yang diinisiasi oleh Badan Litbang Pertanian akan semakin berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Untuk mempercepat perluasan pengembangan KRPL maka kementrian Pertanian menjalin kemitraan baik dengan SIKIB, Salimah maupun TNI-AD. Kemitraan dengan TNI-AD di fokuskan di wilayah perbatasan dan sub optimal, salah satunya Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Kerjasama dengan TNI-AD di Kalimantan Barat akan dilaksanakan di Kec. Sajingan besar Kab. Sambas. Agar kegiatan kerjasama dengan TNI-AD berjalan dengan baik dan lancar maka di lakukan Rapat Koordinasi

TNI-AD Mendukung Ketahanan Pangan di Prov. Kalimantan Barat, kerjasama TNI-AD dengan Kementan di Wilayah Kodam XII/Tanjungpura yang dilaksanakan di Kodam XII/ Tanjungpura tanggal 19 April 2013. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh seluruh kodim yang ada di Kalimantan Barat, Koramil, Dinas Pertanian Prov. Kalimantan Barat, Dinas Peternakan Prov. Kalbar, Dinas Perkebunan Prov. Kalbar, BPTP Kalimantan Barat dan Dinas Pertanian 14 Kabupaten / Kota. Dalam rapat koordinasi ini, baik BPTP Kalbar, Dinas Perkebunan Provinsi, Dinas Pertanian Provinsi dan Dinas Peternakan Provinsi mensosialisasikan kegiatan yang akan dikerjasamakan dengan TNI-AD. Semoga dengan sosialisasi yang dilakukan ini baik Dinas Terkait, BPTP dan TNI-AD mengerti dan paham dengan pelaksanaan kegiatan dan kerjasama ini dapat berjalan dengan lancar.