JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

PANEN UPBS BPTP KALBAR DI SINGKAWANG

Varietas ungggul berperan penting dalam peningkatan produksi tanaman. Keberhasilan diseminasi dan adopsi VUB ditentukan oleh ketersediaannya secara 6 tepat (varietas, jumlah, mutu, waktu, lokasi dan harga). UPBS BPTP dibentuk dalam upaya mendukung percepatan penyebaran dan adopsi varietas-varietas unggul baru (VUB) yang dihasilkan.

UPBS BPTP Kalimantan Barat melakukan perbanyakan benih sumber padi di musim hujan 2012, yang dilaksanakan di kota Singkawang. Kegiatan ini bekerja sama dengan kelompok  petani penangkar Sinka Tani yang beralamatkan di kelurahan Sedau, kecamatan Singkawang Selatan. Varietas padi yang ditanam adalah Inpari 10 seluas 3 ha, Inpari 3 seluas 2 ha, Ciherang 1 ha dan Inpari 13 seluas 1 ha. Sudah dilakukan panen pada bulan Februari dan Maret. Hasil panen menunjukkan bahwa produktivitas padi tertinggi pada inpari 10 yaitu mencapai 8,5 ton/ha, sedangkan produktivitas padi inpari 3 mencapai 4,2 ton/ha, inpari 13 mencapai 7,8 ton/ha dan ciherang mencapai 7 ton/ha.


Saat ini sedang dalam tahap prosesing, dan uji laboratorium untuk proses sertifikasi benih. Prosesing benih yang dilakukan meliputi perontokan, penjemuran, sortasi dan pengemasan benih. Perontokan dilakukan di lahan pertanaman dan selanjutnya dilakukan penjemuran di tempat tersebut dengan beralaskan terpal. Pembersihan benih menggunakan screen cleaner. Hasil panen benih sumber padi ini diharapkan dapat mendukung dalam pemenuhan kebutuhan benih khususnya untuk kota Singkawang dan provinsi Kalbar pada umumnya.