JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

KONTRAK PARA PENYELIA MITRA TANI TELAH DITANDATANGANI TUGAS PMT TELAH MENANTI

Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) merupakan program Kementerian Pertanian yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan, pengangguran dan kesenjangan antar wilayah dan sektor. Untuk mendukung pelaksanaan PUAP diawali dengan peningkatan kapasitas sumberdaya manusia sebagai pelaksana kegiatan PUAP di lapangan. Pelaksana kegiatan PUAP itu salah satunya adalah Penyelia Mitra Tani (PMT). PMT adalah tenaga profesional yang direkrut oleh Kementerian Pertanian yang mempunyai tugas utama mensupervisi dan mengadvokasi Penyuluh Pendamping dan Gapoktan/Poktan penerima PUAP. Tugas lain dari PMT adalah melaksanakan pertemuan reguler dengan Penyuluh Pendamping dan Gapoktan/Poktan, melakukan verifikasi awal terhadap RUB dan dokumen administrasi lainnya dan melaksanakan pengawalan pemanfaatan dana PUAP yang dikelola oleh Gapoktan/Poktan, serta membuat laporan tentang perkembangan pelaksanaan PUAP.

Senin  25 Maret 2013 telah dilakukan Penandatanganan Kontrak Penyelia Mitra Tani (PMT) PUAP Provinsi Kalimantan Barat bertempat di Aula Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Barat. Acara dipimpin oleh Bapak Ir. Djiyanto, MM selaku Kepala BPTP Kalbar sekligus selaku Sekretaris Tim Pembina PUAP Provinsi Kalimantan Barat, Penandatangan Kontrak PMT disaksikan pula oleh anggota Tim Pembina PUAP Provinsi antara lain Bapak Ir. Jamaluddin, Bpk. Ir. Saparuddin dan Bapak Ir. Danang Saputro. Turut pula hadir pada acara tersebut para Tim Teknis dari 14 kab/kota se-Kalimantan Barat. Dalam acara tersebut sekaligus dilakukan Evaluasi Penyelenggaraan program PUAP mulai Tahun 2008–2012 di Kalimantan Barat.

 

Dalam arahannya Bapak Kepala BPTP menyampaikan beberapa penekanan terhadap kinerja dan tupoksi Petugas PMT. Beliau menyampaikan bahwa PMT harus benar-benar profesional dalam pekerjaannya yaitu membina gapoktan penerima dana BLM PUAP dan melaporkan secara rutin perkembangan pemanfaatan dana PUAP yang dikelola gapoktan. Selain itu, PMT juga harus disiplin dalam pelaporan, dan PMT tidak boleh seperserpun memotong atau memanfaatkan dana PUAP untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan pihak lain. PMT harus bijak dan berhati-hati dalam melakukan pembinaan serta harus mengacu pada Petunjuk Teknis yang berlaku. PMT juga harus tegas, terutama dalam menghadapi anggota/oknum yang menyalahgunakan dana PUAP hanya untuk kepentingan pribadinya.

Motivasi terhadap kinerja PMT juga disampaikan oleh Pak Djamal, beliau menyatakan bahwa Latar belakang pendidikan PMT sangat beragam, karena itulah PUAP harus sukses. Di dalam PUAP ada Kepemimpinan, Kewirausahaan dan Manajemen. Para PMT dengan berbagai macam latar belakang pendidikan tersebut diharapkan dapat melatih kepemimpinan, kewirausahaan dan manajemen dalam gapoktan melalui pemanfaatan dana PUAP, untuk kesejahteraan anggota gapoktan. Untuk itu, kita harus punya motto ” Karena kita, PUAP jadi sukses ” jangan terbalik : ” Karena PUAP, kita jadi sukses ”.

”Seorang PMT harus mempunyai indikator keberhasilan terhadap pembinaannya, dimana iindikator tersebut merupakan alat untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan usaha tani yang telah dicapai gapoktan dalam memanfaatkan dana PUAP, apakah dengan dana PUAP tersebut penghasilan petani meningkat, atau bagaimana ?. Indikator keberhasilan berasal dari data awal yang benar. PUAP diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya petani dibidang permodalannya, sehingga diharapkan dengan adanya PUAP maka usahatani dapat terbantu, demi kesejahteraan petani ”, ujar Pak Danang.

Acara diakhiri dengan presentase dari masing-masing PMT dari masing-masing kabupaten, dimana dalam presentase tersebut para PMT menyampaikan laporan perkembangan pemanfaatan dana PUAP mulai tahun 2008 hingga 2012 dan menyampaikan pula rencana kegiatan pemanfaatan dana PUAP di tahun 2013. Semoga program PUAP dapat mengurangi kemiskinan, pengangguran dan kesenjangan antar wilayah dan sektor. Semoga pula dana PUAP dapat benar-benar bermanfaat  dalam pengembangan permodalan pada usahatani gapoktan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan. Selamat bagi para PMT 2013 Kalimantan Barat dan selamat bertugas.