JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Pelatihan Pengukuran Emisi Karbon oleh ICCTF di Kalimantan Barat

pelatihan icctf di kalimantan baratIndonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) bekerjasama dengan Kementerian Pertanian telah mengadakan pelatihan pengukuran emisi karbon (19-21/3), di Kalimantan Barat.

Pelatihan dengan tema “Pengelolaan Lahan Gambut Terdegradasi Berkelanjutan untuk Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan Mengoptimalkan Produktivitas Tanaman” ini, dilaksanakan di Hotel Orchadz Pontianak dan dilanjutkan dengan praktek lapangan pengukuran emisi karbon pada lahan gambut di Kabupaten Kubu Raya.

Peserta pelatihan berasal dari BPTP Kalimantan Barat dan instansi terkait lainnya seperti Dinas Pertanian Provinsi, Dinas Pertanian Kabupaten, Badan Ketahanan Pangan Provinsi, LSM, PPL dan petani yang terlibat pada kegiatan demplot ICCTF.

Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi ICCTF yang telah dilaksanakan sebelumnya di Bappeda Provinsi Kalimantan Barat (7/3). Materi yang disampaikan antara lain ; 1) pengukuran cadangan karbon di lahan gambut, 2) pengukuran cadangan karbon pada tanaman, 3) pengukuran emisi CO2 dengan IRGA, 4) tehnik pengambilan contoh GRK dari lahan gambut, 5) pengamatan iklim dan hidrologi lahan gambut, dan 6) perhitungan emisi GRK skala provinsi : perubahan penggunaan lahan dan oksidasi gambut.

pelatihan icctf di kalimantan barat“Setelah pelatihan ini diharapkan peserta mampu menghitung total emisi GRK yang dihasilkan akibat dari kebakaran, pemanfaatan atau pembukaan lahan gambut, kemudian membuat perkiraan dengan skala provinsi”, demikian disampaikan oleh Prof. Fahmuddin Agus, pakar pengukuran cadangan karbon lahan gambut.

Bagi para peserta, pelatihan pengukuran emisi karbon lahan gambut dapat memberikan wawasan dan membuka cakrawala berfikir mengenai peran lahan gambut sebagai penyimpan cadangan karbon yang sangat potensial.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu peserta, Umar : “Besarnya cadangan karbon yang tersimpan pada lahan gambut, memberikan pemahaman bagai saya tentang perlunya mengelola lahan gambut secara bijaksana sekaligus memberikan semacam tantangan bagaimana mengoptimalkan produktivitas tanaman yang dibudidayakan”.

Peserta lainnya, Trisna mengatakan : “ Melalui pelatihan icctf di kalimantan baratpelatihan ini saya mengetahui bagaimana proses terjadinya pemanasan global, efek rumah kaca dan dampak yang dtimbulkannya secara regional maupun global”.

Kegiatan selanjutnya adalah memulai perhitungan aktual terhadap cadangan karbon di lahan gambut Kabupaten Kubu Raya. Demplot yang telah dipersiapkan berupa pertanaman jagung dan nenas di lahan miliki Bapak Rustamaji, petani Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya. (au)

pelatihan icctf di kalimantan barat