Temu Lapang Demplot Uji Adaptasi VUB Padi SLPTT di Kabupaten Bengkayang 2013

Kategori Induk: Berita Dilihat: 1339

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Barat telah melakukan pendampingan terhadap pelaksanaan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) di Kabupaten Bengkayang pada tahun 2012 yang salah satunya  adalah kegiatan Uji adaptasi VUB padi yang dilaksanakan pada musim rendengan di Desa Darma Bakti Kecamatan Sungai Teriak Kabupaten Bengkayang dengan luasan 1 ha ( varietas Inpari 13 seluas 0.5 ha dan Mekongga seluas 0.5 ha). Tujuan pendampingan ini adalah untuk mempercepat diseminasi dan penggunaan komponen teknologi PTT padi oleh petani yaitu benih VUB berlabel, sistem tanam legowo 4:1 , rekomendasi pemupukan berdasarkan PUTS dan Pengendalian OPT dengan konsep PHT.

Untuk mempercepat transfer dan adopsi teknologi SLPTT padi sampai kepada petani maka BPTP Kalbar bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Bengkayang mengadakan acara temu lapang dan panen raya VUB pada lokasi demplot ini. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2013 di lokasi demplot yang dihadiri oleh Kepala BPTP Kalbar, KepalaDinasPertanian Kabupatan Bengkayang, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkayang, Camat Teriak, Kepala Desa Darma Bakti, Penyuluh dan Mantri Tani dan kelompok tani.

Pertumbuhan dan produktivitas kedua varietas padi tersebut menunjukkan hasil yang cukup baik yang ditandai dengantampilan tanaman yang baik dan intensitas serangan OPT yang minimum. Hasil Perhitungan yang dilakukan terhadap produktifitas kedua varietas tersebut menunjukkan hasil yang cukup tinggi yaitu varietas Inpari 13 sebesar 6,8 ton/ha dan Mekongga sebesar 5,2 ton/ha. Dengan melihat hasil ini maka kedua varietas ini direkomendasikan untuk dikembangkan di kecamatan Teriak pada khususnya dan di Kabupaten Bengkayang pada umumnya.