JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Rapat Koordinasi Teknis Penyuluh Pertanian Se-Kabupaten Sintang

Rapat koordinasi Teknis Penyuluh Pertanian Kabupaten Sintang tanggal 5 Februari 2013 diawali dengan apel pagi di Kantor Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan (BP4KKP) Kabupaten Sintang dipimpin oleh Bupati Kabupaten Sintang Drs. Milton Crosby.  Dalam sambutannya Bapak Bupati menyatakan bahwa dibidang pertanian Kabupaten Sintang menargetkan 5000 ha panen padi setiap tahun dengan pruduktivitas 5 ton/ha, dibidang perkebunan tanaman karet mendapat prioritas utama dengan harapan setiap PPL memiliki kebun karet 1-2 ha, serta menekankan agar tidak boleh mengkonversi lahan pertanian ke lahan sawit.

Ditambahkannya bahwa para petugas penyuluh perlu melalukan pemetaan masalah pertanian dengan melibatkan perangkat desa dan petani.   Hal ini perlu dilakukan untuk mengidentifikasi permasalahan ditingkat petani dan dicarikan solusinya.

 

Dalam acara ramah tamah dengan Bapak Bupati, kegiatan BPTP Kalimantan Barat sangat merespon dan mengharapkan kegiatan pendampingan SLPTT dan MKRPL di Kabupaten Sintang perlu ditingkatkan dan mengharapkan informasi hasil penelitian disebarkan kepetani.

Rapat koordinasi Teknis Penyuluh Pertanian Kabupaten Sintang dibuka oleh Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan (BP4KKP) Bapak Ir. Florensius Anum, MSi, rapat dihadiri oleh para penyuluh sekabupaten Sintang yang berjumlah 139 orang, 2 orang peneliti BPTP Kalimantan Barat.  Pada sambutannya Kepala BP4KKP Kabupaten Sintang menekankan pentingnya peran PPL dalam meningkatkan produktivitas petani dan merubah perilaku petani dalam kegiatan usaha tani. Dalam acara rakornis penyuluh, BPTP Kalimantan Barat diwakili oleh Ir. Azri, MSi mempresentasikan kegiatan berupa Kinerja VUB padi di Kabupaten Sintang, Kalender Tanam (KATAM) dan rekomendasi pupuk dengan menggunakan PUTS dan PUTK. Acara ini sekaligus menyerahkan dokumen kegiatan BPTP Kalimantan Barat kepada Kepala BP4KKP Kabupaten Sintang berupa :

 

  • Laporan Kegiatan VUB padi di kabupaten Sintang ( tahun 2010-2012)
  • Rekomendasi Pupuk hasil analisis Perangkat Uji Tanah Kering (PUTK) dan Perangkat Uji Tanah sawah (PUTS) di Kalimantan Barat
  • Kalender Tanam (KATAM) Kabupaten Sintang
  • Leaf let hama penyakit tanaman kedelai

 

Selain itu BPTP Kalimantan Barat melakukan koordinasi ke Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan Kabupaten sintang tentang hasil kegiatan Pendapingan SLPTT Kalimantan Barat tahun 2011-2012 dan rencana penentuan lokasi Pendapingan SLPTT Kalimantan Barat tahun 2013 di Kabupaten Sintang, koordinasi dihadiri dengan Ir. Robinson Marbun Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura.   Hasil koordinasi menyarankan lokasi pendampingan SLPTT padi di Kecamatan Binjai Kabupaten Sintang.