Kunjungan Tim FKPR ke Kawasan Rumah Pangan Lestari Kab. Sambas

Kategori Induk: Berita Dilihat: 2650

MKRPL kabupaten sambasModel Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) merupakan salah satu program Kementrian Pertanian dengan tujuan untuk :

1. Meningkatkan keterampilan keluarga dan masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan di perkotaan maupun pedesaan (Pangan, buah, sayuran, toga, ternak, ikan, pengolahan hasil dan kompos).

2. Memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga dan masyarakat secara lestari dalam suatu kawasan

3. Mengembangkan kegiatan ekonomi produktif keluarga, dan

4. Menciptakan lingkungan hijau yang bersih dan sehat secara mandiri.

MKRPL di Kalimantan Barat dilaksanakan di 9 Kabupaten dan salah satunya adalah Kabupaten Sambas. Kegiatan MKRPL di Kab. Sambas di laksanakan di desa Tebing Batu Kec. Sebawi dengan 30 KK dan baru mula berjalan pada bulan Juni 2012. Kegiatan ini terintegrasi dengan kegiatan Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) dari Badan Ketahanan Pangan Penyuluhan Pertanian Peternakan dan Kehutanan (BKP4K) Kab. Sambas.

Kunjungan Tim Forum Komunikasi Profesor Riset (FKPR) Prof. Irsal Las, Prof. Abu Bakar dan Dr. Suwarno bersama-sama dengan Kepala BPTP Kalimantan Barat berkesempatan untuk melihat dengan dekat perkembangan MKRPL Kab. Sambas dan berkomunikasi langsung dengan bu Dayang selaku pelaksana MKRPL. Di pekarangan ini ditanam sayur sawi keriting, sawi hijau, saledri, terong, tomat dan timun, toga kencur serta mangga dan kelapa.  Hanya saja Tim FKPR tidak bisa melihat secara keseluruhan karena jalan di desa Tebing Batu sedang dalam tarf pengerasan jalan.

Dalam kesempatan tersebut, bu Dayang mengatakan kepada Bapak Prof. Irsal bahwa dengan adanya kegiatan ini, mereka tidak perlu lagi membeli sayur-sayuran karena sudah terpenuhi dari sayur-sayuran yang ada dipekarangan mereka bahkan  menurut bu Dayan sayur-sayuran ini sudah beberapa kali dijual sebagai tambahan pendapatan keluarga. Mendengar penjelasan bu Dayang, Prof Irsal hanya berkomentar “Selamat ya bu”.

Selain melihat ke salah satu pelaksana MKRPL, Tim FKPR juga melihat kebun bibit desa. Kebun bibit desa di buat dengan ukuran 4 x 5 m dan didalamnya dibuat RAK-RAK yang bertingkat. Pada saat ini sudah dilakukan penyemaian sayur-sayuran dalam gelas-gelas Aqua dan polibag2 kecil. Kebun bibit ini diharapkan dapat mensuplay kebutuhan bibi sayuran di KRPL Tebing Batu.