Panen Raya Display Vub Padi Di Kabupaten Landak

Kategori Induk: Berita Ditulis oleh admin1 Dilihat: 1444

slpttlandak2012Pada tahun 2012 Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat melakukan uji adaptasi varietas unggul baru (VUB) padi sawah sebagai bentuk dari pendampingan SL-PTT Padi  bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Landak.

 

Paket teknologi yang dintroduksikan dalam kegiatan ini adalah ; 1). Penggunaan benih unggul yang bermutu dan berlabel yaitu varietas Cibogo, Inpari 3, Inpari 14 dan Inpari 10, 2). Penggunaan bibit muda umur 15 HSS, 3). Pemupukan berimbang berdasarkan PUTS (urea = 200 kg/ha, SP36 = 100 kg/ha dan KCL = 50 kg/ha) dan penggunaan Bagan Warna Daun (BWD) sebagai dasar pemupukan urea susulan kedua, 4). Tanam Jajar Legowo 4 : 1 dan 5). Pengendalian hama penyakit secara PHT.

Dalam rangka mendiseminasikan kegiatan tersebut, pada hari rabu tanggal 26 September 2012 dilakukan acara temu lapang panen raya Display VUB Padi pendampingan SL-PTT tahun 2012 di desa Aur Sampuk, kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak yang dihadiri langsung oleh Bupati Landak beserta SKPD Kabupaten Landak, Kepala BPTP Kalimantan Barat, Dinas Pertanian Propinsi, Badan Ketahanan Pangan Propinsi, UPSBTPH, UPBTPH, UPITPH dan instansi terkait lainnya serta petani, kelompok tani, gapoktan dan swasta. Dalam kesempatan ini dilakukan panen varietas Inpari 14 secara simbolis oleh bapak Bupati beserta para undangan dan kelompok tani serta gapoktan. Dari hasil ubinan varietas Inpari 14 menghasilkan produksi tertinggi yaitu 7,5 ton/ha. Sedangkan ketiga varietas lainnya yaitu Inpari 3 = 6,5 ton/ha, Inpari 10 (6 ton/ha) dan Cibogo (6,5 ton/ha).

Melalui sambutannya Bapak Bupati memberikan apresiasi kepada BPTP Kalbar yang telah melakukan kegiatan pengujian VUB Padi sehingga dapat diperoleh varietas yang spesifik lokasi sehingga dapat meningkatkan produksi padi khususnya di Kabupaten Landak sebagai salah satu sentra produksi padi Kalimantan Barat dan juga menghimbau kepada petani hendaknya selalu menggunakan varietas unggul baru dalam setiap musim tanam dan hasil dari kegiatan Uji Adaptasi Varietas ini sebagai modal benih untuk pengembangan padi pada pertanaman musim berikutnya.

Dalam Kesempatan ini Kepala BPTP Kalimantan Barat menyerahkan secara simbolis benih varietas unggul baru (VUB) padi Inpari 14 dan menghimbau hasil dari VUB padi ini dapat dijadikan benih dan disebarkan kepada kelompok tani lainnya untuk dilakukan pertanaman pada musim berikutnya. (Tyk).