JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

TEMU LAPANG PENDAMPINGAN SL-PTT JAGUNG DI DESA TUNANG, KABUPATEN LANDAK

Dalam rangka pendampingan SL-PTT Jagung Tahun 2012, BPTP bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Landak melakukan kegiatan Display VUB Jagung di Desa Tunang, Kecamatan Mempawah Hulu seluas ± 1 ha. Desa Tunang merupakan salah satu sentra produksi jagung di Kabupaten Landak dengan luas pertanaman jagung 267 ha dan telah diusahakan oleh petani sepanjang tahun.

Komponen teknologi dasar yang diintroduksikan pada kegiatan Display VUB Jagung : 1). VUB Jagung (Hibrida dan Komposit) berasal dari Balai Penelitian Tanaman Serealia, Maros dengan introduksi sebanyak 5 varietas yaitu Lamuru, Sukmaraga, Bima 2, Bima 3 dan Bima 5, 2). Benih bermutu dan berlabel dengan daya kecambah > 95 %, 3). Populasi Tanaman 66.000 – 80.000 tanaman dengan jarak tanam 70 – 75 cm x 20 cm (1 biji per lubang), 4). Pemupukan berdasarkan hasil analisis PUTK dengan dosis urea = 350 kg/ha (BWD digunakan pada saat pemberian pupuk urea pada umur tanaman 40 – 45 HST), NPK = 250 kg/ha dan KCL = 75 kg/ha.

Sebagai media komunikasi dan alih teknologi kepada para petani di sekitar SL-PTT di Desa Tunang, Kecamatan Mempawah Hulu dilakukan Kegiatan temu lapang panen jagung  pada hari sabtu tanggal 15 September 2012 yang dihadiri oleh Kepala BPTP Kalimantan Barat, Kepala BPP dan petugas penyuluh lapang Kecamatan Mempawah Hulu serta pengurus dan anggota Kelompok Tani jagung. Berdasarkan hasil ubinan panen VUB Jagung varietas Bima 2 memberikan produksi tertinggi yaitu 7,20 ton/ha, Lamuru sebesar 6,1 ton/ha, Bima 3 sebesar 5,7 ton/ha, Bima 5 sebesar 5,1 ton/ha dan Sukmaraga 4,5 ton/ha. Produksi jagung ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan produksi rata-rata petani di Desa Tunang, kecamatan Mempawah Hulu sebesar 4,0 ton/ha.

Acara Temu Lapang dilanjutkan diskusi Kepala BPTP dengan para peserta temu lapang, dari hasil diskusi permasalahan utama yang dihadapi oleh petani antara lain; pada saat panen raya harga jagung turun dan sulitnya memperoleh benih jagung setiap musim tanam.  Arahan kepala BPTP untuk mengatasi kesulitan benih petani dapat melakukan penanaman jagung komposit yaitu Lamuru yang mana varietas tersebut melalui kegiatan Display VUB jagung telah terbukti beradaptasi dengan baik di Desa Tunang dengan produksi 6,1 ton/ha. Para petani terlihat sangat senang dan bersemangat untuk mengembangkan jagung Lamuru di desa Tunang, Kecamatan Mempawah Hulu. Dalam Kesempatan ini Kepala BPTP menyerahkan secara simbolis bantuan benih Lamuru kepada Gapoktan Patika di Desa Tunang. (Tietyk Kartinaty)