JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Panen Raya Padi Varietas Unggul Baru di Balai Batang Tarang

Pada hari Sabtu tanggal 8 September 2012 telah dilakukan panen di Dsn. Segalang desa Mak Kawing Kec. Balai Batang Tarang Kab. Sanggau pada tahun 2012 ini (musim tanam gadu) merupakan salah satu dari tiga tempat display VUB Pendampingan SL-PTT di Kab. Sanggau kerjasama antara BPTP Kalimantan Barat, Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan, BP4K Kab. Sanggau, Kepala Desa Mak Kawing serta Kelompok Tani Sejahtera B.

Panen raya yang dihadiri oleh Kepala BPTP Kalimantan Barat, Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan serta BP4K Kab. Sanggau berlangsung sederhana dan penuh kekeluargaan. Dalam sambutannya Kepala BPTP Kalimantan Barat Ir. Jiyanto, MM berpesan agar petani dapat meneruskan menanam serta menyebarkan VUB yang dirasa paling adaptif untuk ditanam di daerah tersebut untuk musim-musim tanam yang akan datang.

Dari panen tersebut didapatkan hasil ubinan untuk varietas Situ Bagendit= 3,8 ton/ha, Inpari 14= 4 ton/ha, Inpari 3= 4,1 ton/ha dan Inpari 10= 4,2 ton/ha. Bapak Sincoi salah satu petani anggota kelompok tani Sejahtera B menyatakan sangat bersyukur dengan hasil panen musim ini meski di awal tanam agak pesimistis karena padi sempat keracunan zat besi namun setelah mengetahi hasilnya Bapak Sincoi dan anggota Kelompok Tani Sejahtera B dusun Segalang desa Mak Kawing bertekad musim tanam mendatang akan menanam padi VUB tersebut dengan mempraktekkan teknologi yang sudah mereka pelajari selama kegiatan pendampingan SL-PTT. (Trisna)