Kunjungan Bupati Bengkayang ke lokasi KRPL desa Tiga Berkat

Kategori Induk: Berita Dilihat: 1644

Berbagai program untuk mendukung ketahanan pangan telah banyak diluncurkan, salah satunya adalah Gerakan nasional Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang telah dilounching oleh Bapak Presiden Republik Indonesia pada tanggal 13 Januari 2012 di Pacitan Jawa Timur. Kementerian Pertanian menyusun suatu konsep yang disebut dengan “Model Kawasan Rumah Pangan Lestari” (M-KRPL) dengan prinsip pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga, serta peningkatan pendapatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk percepatan adopsi inovasi Model Kawasan Rumah Pangan Lestari di setiap Kabupaten/ Kota secara bertahap maka pada tahun 2012 BPTP Kalimantan Barat  mereplikasi model ini di sebelas (11) kabupaten/kota dimana salah satunya berada di dusun Sebol Desa Tiga Berkat Kecamatan Lumar Kabupaten Bengkayang yang pada tahap awal dilaksanakan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Mayang Mengurai sebanyak 30 KK. Kegiatan MKRPL ini dilakukan secara bersinergi dengan kegiatan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) yang dilaksanakan oleh BP3K kabupaten Bengkayang. Model KRPL yang diwujudkan pada lahan pekarangan terdiri dari kemandirian pangan rumah tangga dan Kebun Bibit Desa.

Pada tanggal 28 Agustus 2012 bapak Bupati kabupaten Bengkayang beserta ibu Bupati sekaligus sebagai Ketua PKK kabupaten Bengkayang mengunjungi lokasi MKRPL di dusun Sebol Desa Tiga Berkat. Hadir juga dalam acara ini kepala BP3K kabupaten Bengkayang, kepala Dinas Pertanian Bengkayang, Camat, kepala desa, PPL dan kelompok tani di kecamatan Bengkayang. Dalam kunjungan ini bapak Bupati dan ibu ketua tim PKK menyampaikan respon yang positif terhadap penjelasan yang disampaikan oleh tim BPTP Kalbar mengenai bentuk kegiatan dan pendampingan teknologi yang dilakukan oleh BPTP yang bersinergi dengan BP3K kabupaten Bengkayang. Ibu Ketua tim PKK berharap model KRPL ini dapat direplikasi oleh dusun di sekitar dan seterusnya menyebar ke kecamatan lain di kabupaten Bengkayang. Dalam kesempatan ini Bapak Bupati beserta rombongan juga melakukan panen beberapa komoditas sayuran yang sudah siap untuk dipanen seperti cabai rawit, terong, kangkung, tomat dan sayuran lainnya. (TP)