Temu Lapang Panen Raya Padi VUB Demfarm Pendampingan SL-PTT Desa Tunggal Bhakti

Kategori Induk: Berita Dilihat: 1526

panen raya tunggal bhakti-1Pada tanggal 15 Agustus 2012 tepatnya di Desa Tunggal Bhakti Kec. Kembayan, Kab. Sanggau telah dilaksanakan panen raya perdana padi VUB Denfarm Pendampingan SL-PTT yang merupakan program kerjasama antara Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kab. Sanggau dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat. Dalam acara tersebut berkenan hadir Bapak Wakil Bupati Kab. Sanggau Paulos Hadi, SIP.MSi, Kepala BPTP Kalimantan Barat Ir. Jiyanto, MM, Kepala BP4K Kab. Sanggau, Kepala Distanak Kab. Sanggau, Bakorluh Prov. Kalbar, Camat Kembayan dan Kades Tunggal Bhakti.

Dari hasil ubinan varietas inpari 10 yang telah dipanen didapatkan hasil 6,17 ton/ha. Hasil ini lebih rendah jika dibandingkan dengan hasil tahun 2011. Kendala yang menyebabkan turunnya produktivitas tersebut adalah kekeringan dan kemarau panjang sedangkan saluran irigasi dari bendungan Merowi sudah banyak yang jebol/rusak. Menjawab keluhan masyarakat Desa Tunggal Bhakti, Wakil Bupati dalam sambutannya menginformasikan kepada masyarakat bahwa proses perbaikan tanggul bendungan Merowi sudah dalam proses tender dan beliau menghimbau agar masyarakat juga ikut dalam mengawasi proses pelaksanaannya.

Dalam acara tersebut ditekankan pula oleh Kepala BPTP Kalimantan Barat Ir. Jiyanto, MM tentang pentingnya Pengelolaan Tanaman Terpadu yang didalamnya mencakup pengolahan tanah, pemilihan bibit/varietas unggul, pemupukan berimbang serta pengendalian hama terpadu.

panen raya tunggal bhakti-2Dari temu lapang tersebut setidaknya telah dapat mengakomodir keluhan masyarakat tentang saluran irigasi di areal hamparan sawah Desa Tunggal Bhakti dan telah pula didapatkan rekomendasi varietas padi yang cocok de daerah tersebut  sehingga ke depan diharapkan Desa Tunggal Bhakti yang selama ini mampu memproduksi beras di atas rata-rata daerah lain di Kab. Sanggau mampu menutupi kekurangan 1 bulan kebutuhan beras Kab. Sanggau yang hanya cukup untuk 11 bulan.(Ka-no)