JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Panen Raya Varietas Unggul Baru Padi oleh Kepala BPTP Kalimantan Barat

panen raya mukokSetelah sukses dengan kegiatan panen raya VUB di Kabupaten Kayong Utara, Kepala BPTP Kalimantan Barat kembali melakukan panen raya perdana VUB padi di Desa Serambai Jaya Kecamatan Mukok Kabupaten Sanggau, pada tanggal 27 Juli 2012.

 

Dalam acara ini, bersama Kepala BPTP Kalbar hadir pula Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan, perwakilan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar, perwakilan dari Disperindag, perwakilan Asisten II, Camat Mukok, perwakilan BPS, serta pejabat terkait lainnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau.

 

Panen raya ini merupakan akhir dari rangkaian kegiatan SL-PPT Padi di di Kecamatan Mukok, yaitu kegiatan demplot uji adaptasi VUB padi varietas Inpari 3, Inpari 6, Inpari 10 dan Cibogo. Dimana hasil ubinan menunjukkan produktivitas rata-rata Inpari 3 sebesar 4,5 Ton/Ha, Inpari 6 4,3 Ton/Ha, Inpari 10 5,3 Ton/Ha dan Cibogo 4,8 Ton/Ha.

panen raya mukokTerkait dengan produktivitas, dalam sambutannya Kepala BPTP Kalbar menyatakan optimismenya bahwa produktivitas masing-masing varietas ini masih dapat dipacu lagi jika berkaca pada pengalaman demplot VUB di Kabupaten lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan menyatakan dukungan dan antusiasmenya terhadap kegiatan uji adaptasi VUB yang dilaksanakan oleh BPTP Kalbar, menurutnya kegiatan pendampingan SL-PTT dan pengenalan VUB dengan produktivitas tinggi dapat meningkatkan kembali animo dan motivasi masyarakat petani Kabupaten Sanggau untuk menanam padi dan tidak mengalihfungsikan lahannya untuk ditanami sawit. (au)