JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
id Bahasa Indonesia en English

Optimalisasi Lahan Pekarangan Melalui Program MKRPL di Desa Tebing Batu Kabupaten Sambas

mkrplsebatuTanpa banyak disadari bahwa lahan pekarangan bila dikelola secara optimal dan terencana dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi menunjang kebutuhan gizi keluarga disamping sekaligus untuk keindahan (estetika)” Kata Ibu Rustina, Kepala Badan Penyuluhan Pertanian Kabupaten Sambas, disaat pertemuan dengan Kelompok Tani Melati Putih Dusun Sebatu-Desa Tebing Batu Kabupaten Sambas tanggal 1 Mei 2012, yang sekaligus dihadiri Bapak Kepala BPTP Kalimantan Barat.  Lebih lanjut beliau menjelaskan. “Dalam mengelola pekarangan beragam fungsi dasar pekarangan termaksimalkan yaitu menjadi warung hidup, bank hidup, apotik hidup serta fungsi keindahan. Lahan pekarangan yang dikelola dengan baik dapat memberikan manfaat antara lain adanya peningkatan gizi keluarga lingkungan rumah asri, teratur, indah dan nyaman. Semakin beragam tanaman pangan atau tanaman obat keluarga (toga) yang dikembangkan serta semakin banyak ternak/ikan yang dibudidayakan, maka diharapkan rumah tangga/keluarga yang mengelola, kehidupannya akan menjadi semakin sejahtera. Selain itu manfaat yang kita peroleh dari pekarangan dan tentunya secara ekonomi merupakan salah satu  sumber pendapatan keluarga.

 

Dalam diskusi partisipatif dengan anggota kelompok tani,  Kepala BPTP Kalimantan Barat menyampaikan program MKRPL yang merupakan satu bentuk dukungan pemerintah dalam pemberdayaan pekarangan.  Beliau menekankan pentingnya, pemetaan sumber daya yang ada di masyarakat agar optimalisasi dan keberlangsungan pemanfaatan pekarangan dapat tercapai.  Selain itu beliau menjelaskan tentang  mekanisme pemanfaatan pekarangan seperti perlu adanya pengolahan lahan (tanah)mkrplsebatu3 yang benar,  penentuan dan pemilihan jenis tanaman yang tepat, menentukan tata letak tanaman yang menarik dan pemeliharaan yang berkelanjutan agar nilai kebermanfaatan pekarangan dapat terus dirasakan.

Kelompok tani Melati Putih Dusun Sebatu dijadikan lokasi pelaksanaan MKRPL tahun 2012 di Kabupaten Sambas atas rekomendasi dinas terkait. Adapun jenis kegiatan yang akan  difasilitasi  melalui MKRPL ini antara lain bantuan bibit tanaman, polybag, saprodi dan pemberian pelatihan teknis budidaya kepada anggota kelompok tani, Kegiatan MKRPL  ini rencananya akan dilaksanakan Pertengahan Bulan Mei 2012.